LIPUTAN KHUSUS

FOTO: Melihat dari Dekat Road Race Indonesia

CNN Indonesia / M Arby Rahmat & CNN Indonesia / Artho Viando, CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 09:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Balap motor jalanan atau road race kian ramai digelar Indonesia. Road race ini diikuti banyak kalangan serta bisa digelar di sirkuit permanen dan non-permanen.

Seperti balapan MotoGP, road race di Indonesia juga menggunakan jasa gadis payung. Biasanya gadis payung hadir saat road race memasuki babak final. (CNN Indonesia/M Arby Rahmat)
Pelaksanaan road race di level kejurda atau club event biasa menggunakan paddock atau garasi dengan penampilan sederhana, menggunakan tenda dan terlihat lebih terbuka. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Performa pebalap di atas lintasan bergantung kepada peran mekanik dari masing-masing tim. Pengaturan sepeda motor untuk road race harus sesuai dengan peraturan yang telah diterapkan IMI. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Banyak kejadian unik terjadi saat balapan road race. Salah satunya pebalap cilik yang terjatuh di garis start menjelang dimulainya balapan. (CNN Indonesia/M Arby Rahmat)
Road race di Indonesia terdiri dari beberapa kelas motor: matik, sport, hingga skuter. Kelas bebek 150cc jadi salah satu yang diminati pebalap road race di Indonesia. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Dalam beberapa ajang road race, penonton road race masih mengabaikan keselamatan dalam menyaksikan balapan. Sejumlah pengunjung ada yang menghiraukan aspek bahaya dengan menonton balapan tidak jauh dari lintasan. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Setiap pebalap road race perlu menguasai dengan baik teknik serta detail lintasan yang digunakan. Kesalahan dalam perhitungan tidak saja membuat peluang menjadi pemenang hilang, namun juga bisa membahayakan keselamatan. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Kejuaraan road race memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan untuk penyelenggara. Untuk road race level kejurnas, penyelenggara bisa meraih pendapatan hingga ratusan juta rupiah. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Dalam beberapa tahun belakangan dunia road race Indonesia diramaikan dengan kehadiran pebalap wanita, di antaranya Nova 'Cibey' dan Silvia 'Ubey' Audina Nazar (kanan). Para pebalap wanita ini biasanya tampil di kelas motor matik. (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jumlah putaran dalam road race berbeda-beda tergantung level pebalap. Untuk pemula jumlah lap dimulai dari 12 putaran, sedangkan pebalap unggulan menggunakan 20 putaran. (CNN Indonesia/M Arby Rahmat)




ARTIKEL TERKAIT