Laga Pembuka Liga 1 2019, PSS dan Arema Imbang di Babak I

CNN Indonesia | Rabu, 15/05/2019 22:16 WIB
Laga Pembuka Liga 1 2019, PSS dan Arema Imbang di Babak I Kurniawan Kartika Ajie cukup sibuk menghalau ancaman-ancaman pemain PSS Sleman. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSS Sleman dan Arema FC bermain imbang 1-1 pada babak pertama laga pembuka Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (15/5).

Belum genap dua menit selepas wasit Yudi Nurcahya menandai kick off babak pertama, PSS sudah berhasil membobol gawang Arema. Berawal dari situasi tendangan sudut, Brian Ferreira yang tidak terkawal mampu melepaskan tembakan dengan leluasa dari dalam kotak penalti.
Memasuki menit kelima, bola mati kembali didapat PSS. Namun kali ini sepakan bebas Yehven Bokashvili masih dapat ditangkap dengan baik oleh Kurniawan Kartika Ajie.

Mendapat serangan mengejutkan di awal laga, kampiun Piala Presiden secara perlahan mulai mengambil inisiatif penguasaan bola dan sibuk berusaha membongkar pertahanan tuan rumah melalui aksi Makan Konate maupun Sylvano Comvalius. Memasuki menit kesembilan Dendi Santoso melepaskan tembakan jarak dekat yang masih mengarah ke kiper Ega Rizky.

Usaha Arema mengambil penguasaan bola tidak berjalan sempurna. PSS yang merupakan kesebelasan promosi dari Liga 2 mampu meredam serangan tim tamu . Anak asuh Seto Nurdiantoro pun tak lantas menumpuk pemain di barisan pertahanan dan tetap bermain normal.
Laga Pembuka Liga 1 2019, PSS dan Arema Imbang di Babak IPSS Sleman menjadi salah satu kesebelasan promosi dari Liga 2 2018. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Peluang dari Arema tercipta pada menit ke-18. Konate yang mendapat umpan daerah berhasil menggiring bola memasuki daerah pertahanan PSS. Mantan pemain Persib itu kemudian melepaskan tembakan mendatar yang masih dapat diantisipasi Ega Rizky. Bola yang memantul dan hendak dimanfaatkan Comvalius dengan cepat dibuang Alfonso De La Cruz.

Arema yang terus mencoba menyamakan kedudukan kembali memilik peluang pada menit ke-27. Konate yang menerima umpan dari Dendi memiliki peluang dari jarak dekat yang masih dapat ditepis Ega Rizky.


Pada menit ke-29 Singo Edan membuat angka di papan skor berubah. Sylvano Comvalius yang berdiri tanpa pengawalan dengan bebas menyundul umpan lambung.
Laga Pembuka Liga 1 2019, PSS dan Arema Imbang di Babak I
Setelah skor 1-1 laga dihentikan karena ada insiden di tribune barat stadion. Wasit pun kemudian menginstruksikan para pemain ke pinggir lapangan. Pemain-pemain yang mencoba menenangkan fan tidak digubris.

Hampir satu jam kemudian, para pemain dari dua kesebelasan yang sempat masuk ke ruang ganti kembali ke lapangan untuk melakukan pemanasan dan kembali berduel di atas lapangan.
Lima menit setelah pertandingan dimulai, Ferrerira mengancam gawang Arema dengan sepakan jarak jauh yang masih dapat ditepis Kartika Ajie. Pemain asing asal Argentina itu kembali memberi ujian bagi kiper Timnas Indoneia U-22 pada menit ke-38 dengan tembakan bola gantung yang masih mampu diantisipasi Kartika Ajie.

Tendangan sudut bagi PSS kemudian menghasilkan peluang. Tandukan Bokashvili sudah meluncur ke daerah yang tidak dapat dijangkau Kartika Ajie, namun Johan Alfarizie sigap menghalau bola.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir.

Susunan pemain inti PSS Sleman:
Ega Rizky, Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Purwaka Yudhi, Jajang Sukmara, Dave Mustaine, Nerius Alom, Brian Ferreira, Arsyad Yusgiantoro, Yehven Bokashvili, Haris Tuharea

Susunan pemain inti Arema FC:
Kurniawan Kartika Ajie, Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Johan Ahmad Farizi, Hendro Siswanto, Makan Konate, Jayus Hariono, Dendi Santoso, Sylvano Comvalius, Ricky Kayame (nva/jun)