Lionel Messi Jadi Inspirasi Nama Bayi di Catalonia

CNN Indonesia | Jumat, 17/05/2019 09:39 WIB
Lionel Messi Jadi Inspirasi Nama Bayi di Catalonia Nama Lionel Messi makin populer di Catalonia. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Barcelona asal Argentina Lionel Messi menjadi inspirasi bagi para orang tua di Catalonia dalam memberi nama bayi mereka.

Lionel Messi tidak saja memberikan dampak besar untuk klub Barcelona, tetapi juga bagi Catalonia sejak kedatangannya di wilayah tersebut.

Menurut Transfermarkt, Messi tiba di Barcelona pada tahun 2000 saat masuk akademi klub tersebut, La Masia. Pemain berjuluk La Pulga itu tampil di skuat utama pada 2005 dan secara perlahan menjadi andalan Blaugrana.


Dikutip dari Sportbible berdasarkan berita Mundo Deportivo, sejak nama Messi mulai tenar di Barcelona, banyak warga Catalonia yang memilih nama pendek kapten Barca itu, Leo, untuk anak-anak mereka.

Padahal sebelumnya nama Leo jarang digunakan sebelum kedatangan Messi di Barcelona. Sejak Messi gabung La Masia, tercatat hanya ada empat bayi yang menggunakan nama Leo.

Lionel Messi salah satu kunci sukses Barcelona.(REUTERS/Sergio Perez)
Lionel Messi salah satu kunci sukses Barcelona.
Pemakaian nama Messi yang merupakan peraih lima trofi Ballon d'Or itu mulai 2004 selalu menunjukkan perkembangan signifikan. Di tahun tersebut nama Leo menempati peringkat ke-262 karena hanya ada 11 bayi yang menggunakan nama itu.

Tetapi, di tahun 2017 ada 443 bayi baru lahir yang diberi nama Leo sekaligus menempati peringkat ke-12 untuk daftar nama yang paling banyak digunakan. Dalam tiga besar terbanyak, nama Marc, Alex, dan Pol adalah yang sering dicari publik Catalonia.

Lionel Messi Jadi Inspirasi Nama Bayi di Catalonia
Bahkan, nama Leo di Catalonia itu mengalahkan nama Jordis yang sebelumnya lebih populer di wilayah tersebut. Ada banyak alasan nama Jordis sebelumnya banyak diburu warga Catalonia. Sant Jordi, yang merupakan orang suci pelindung Catalonia kerap dirayakan banyak pihak di Barcelona.

Lionel Messi merupakan salah satu sosok penting bagi kesuksesan Barcelona lebih dari satu dekade terakhir. Total ada 34 trofi yang dipersembahkan Messi untuk Barcelona sampai dengan sejauh ini. (sry/sry)