Sempat Terjatuh, Marquez Tercepat di FP4 MotoGP Prancis

CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 19:04 WIB
Sempat Terjatuh, Marquez Tercepat di FP4 MotoGP Prancis Marc Marquez terjatuh di latihan bebas keempat MotoGP Prancis. (AP Photo/Eric Gay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nasib sial sempat dialami pebalap Repsol Honda Marc Marquez di sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (18/5).

Marc Marquez mengalami insiden kecelakaan dalam latihan bebas keempat. Bertekad memperbaiki catatan waktunya dari latihan bebas ketiga, Marquez justru terjatuh di tikungan 9 saat FP4 belum genap berlangsung dua menit.

Saat sedang menikung ke kiri, motor pebalap asal Spanyol itu tergelincir. Ketika itu kecepatan Marquez ada di kisaran 93 kilometer per jam.


Tidak bisa mengendalikan sepeda motornya yang terlanjur tergelincir, Marquez akhirnya terseret ke sisi kanan. Kendati demikian The Baby Alien masih bersikeras melanjutkan latihan bebas.

Marquez langsung bangkit dan mengejar sepeda motornya yang masih tergeletak di tengah lintasan. Dibantu marshall MotoGP Prancis, dengan cepat juara bertahan MotoGP itu membangunkan sepeda motornya untuk kembali ke paddock.

Rossi masih kesulitan untuk jadi yang terbaik di FP3 dan FP4.(GABRIEL BOUYS / AFP)
Rossi masih kesulitan untuk jadi yang terbaik di FP3 dan FP4.
Saat latihan bebas menyisakan waktu delapan menit, Marquez kembali ke lintasan. Pebalap 26 tahun itu akhirnya bisa menjadi yang terbaik di kesempatan tersebut.

Insiden hampir serupa terjadi pada latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Prancis. Ketika di FP1 Marquez hampir terjatuh saat melintasi tikungan 8.


Sepeda motor Marquez sempat goyah ketika kedua rodanya menyetuh tepi lintasan yang berwarna kuning dan biru. Kaki kiri Marquez sudah mengangkat, namun lutut kanannya masih bisa menahan motor. Marquez pun selamat dari kecelakaan.

Sempat Terjatuh, Marquez Tercepat di FP4 MotoGP Prancis
Sementara itu, di FP4 Marquez menjadi yang terbaik usai mencatatkan waktu 1 menit 39,777 detik. Di posisi kedua ada pebalap Ducati Danilo Petrucci dan Mavercik Vinales di posisi tiga besar.

Valentino Rossi sempat menjadi yang terbaik selama latihan bebas. Namun tempat teratas disalip rekan setimnya Vinales sebelum dikalahkan Marquez saat balapan kurang dari satu menit.

Live streaming MotoGP Prancis 2019 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com pada Minggu (19/5) malam.

Hasil 10 Besar FP4 MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans:

1. Marc Marquez
2. Danilo Petrucci
3. Maverick Vinales
4. Franco Morbidelli
5. Alex Rins
6. Cal Crutchlow
7. Andrea Dovizioso
8. Fabio Quartararo
9. Valentino Rossi
10. Aleix Espargaro (sry/sry)