Buntut Insiden Pembukaan Liga 1, PSSI Hukum PSS dan Arema

CNN Indonesia | Minggu, 19/05/2019 22:21 WIB
Buntut Insiden Pembukaan Liga 1, PSSI Hukum PSS dan Arema Suasana yang tidak menentu di tribune barat Stadion Maguwoharjo membuat laga antara PSS dan Arema FC sempat dihentikan. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Disiplin PSSI menghukum kesebelasan PSS Sleman dan Arema FC terkait insiden dalam laga pembuka Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (15/5) malam.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Komdis yang telah bersidang pada Minggu (19/5) menilai PSS melakukan pelanggaran lantaran keberadaan suporter yang menyalakan suar, kembang api, petasan, terlibat saling lempar dengan suporter Arema sehingga pertandingan terhenti selama 55 menit.

Atas pelanggaran tersebut, skuat yang baru promosi ke Liga 1 tersebut mendapat hukuman denda Rp150 juta.


Panitia pelaksana pertandingan PSS juga tidak lepas dari jeratan hukuman Komdis PSSI karena dinilai gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pemain, ofisial, perangkat pertandingan dan penonton.

Selain harus membayar hukuman denda senilai Rp50 juta, Komdis juga memberi sanksi penutupan sebagian stadion pada tribun selatan sebanyak empat kali.

Buntut Insiden Pembukaan Liga 1, PSSI Hukum PSS dan AremaTribune barat Stadion Maguwoharjo sempat kosong setelah terjadi keributan antarsuporter dalam laga PSS vs Arema FC. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Sementara Arema FC juga tidak luput dari hukuman komdis. Singo Edan yang berstatus sebagai tim tamu didakwa bersalah karena suporter yang hadir di stadion terlibat saling lempar dengan suporter PSS. Arema diganjar denda Rp75 juta.

Pertandingan pembuka Liga 1 2019 tersebut sempat terhenti lantaran keributan di tribune suporter. Dalam tayangan siaran langsung terlihat ada insiden di tribune barat setelah Sylvano Comvalius mencetak gol yang membuat skor menjadi 1-1.

Buntut Insiden Pembukaan Liga 1, PSSI Hukum PSS dan Arema
Pertandingan yang ditunda selama 55 menit kembali dilanjutkan dan PSS meraih kemenangan 3-1. Brian Ferreira, Yehven Bokhashvili, dan Rangga Muslim Perkasa menjadi pencetak gol kemenangan Elang Jawa.

Atas kemenangan tersebut, anak asuh Seto Nurdiantoro untuk sementara menempati peringkat keempat di klasemen. Sementara Arema yang merupakan kampiun Piala Presiden menghuni peringkat ke-15.

Mengacu pada jadwal yang dirilis PT Liga Inonesia Baru sebagai operator Liga 1 2019, PSS akan menjalani laga kedua menghadapi Semen Padang pada Sabtu (25/5). Sedangkan Arema akan menghadapi Borneo pada Rabu (22/5). (nva/nva)