Messi Dua Gol, Barcelona Gagal Kalahkan Eibar

nva, CNN Indonesia | Minggu, 19/05/2019 23:07 WIB
Messi Dua Gol, Barcelona Gagal Kalahkan Eibar Lionel Messi mencetak dua gol ke gawang Eibar. (REUTERS/Vincent West)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona ditahan imbang Eibar 2-2 dalam laga terakhir Liga Spanyol yang berlangsung di Stadion Municipal Ipurua, Minggu (19/5) malam WIB.

Barcelona sudah mengancam gawang tuan rumah pada menit keempat. Kesalahan Ivan Ramis dalam mengumpan menjadi keuntungan bagi Sergi Roberto yang mengirim umpan kepada Lionel Messi. Gol batal terjadi karena pemain-pemain Eibar sigap menutup ruang tembak.

Eibar tidak hanya berkutat di daerah lapangan permainan sendiri. Klub medioker itu sempat mengancam daerah pertahanan Barcelona. Salah satunya melalui Sergi Enrich yang mencoba memanfaatkan umpan Marc Cucurella.


Gol tuan rumah tercipta pada menit ke-20. Umpan silang Valdes Cote Diaz dipantulkan Enrich kepada Cucurella yang masuk ke sisi kanan kotak penalti Barcelona. Penyelesaian pemain berambut kribo itu tidak dapat diamankan Jasper Cillesen.

Butuh 11 menit bagi Barcelona untuk menyamakan kedudukan. Umpan terobosan Arturo Vidal dimanfaatkan dengan baik oleh Messi yang menerobos kotak penalti tanpa pengawalan.

Messi Dua Gol, Barcelona Gagal Kalahkan EibarEibar sempat unggul lebih dulu atas Barcelona. (REUTERS/Vincent West)
Hanya berselang satu menit dari gol penyeimbang skor, Messi kembali mencetak gol. Kali ini megabintang asal Argentina itu kembali menampilkan kemampuan dalam menerobos daerah pertahanan lawan. Dengan sprint dan menggiring bola, Messi kemudian membuat bola masuk ke gawang. Wasit Jose Munera sempat berkomunikasi dengan tim VAR untuk melihat potensi offside, namun keputusan wasit memastikan Barcelona unggul 2-1.

Messi Dua Gol, Barcelona Gagal Kalahkan Eibar
Pada menit akhir waktu normal babak pertama, Eibar menyamakan kedudukan. Upaya Cillesen menanduk bola untuk membersihkan areanya justru berujung gol. Bola yang disundul mengarah kepada Pablo de Blasis. Dengan tendangan voli dari luar kotak penalti, De Blasis membuat skor menjadi 2-2.

Pada babak kedua Eibar tidak mengendurkan semangat dan tetap membuat repot Barcelona. Peluang lain untuk mencetak gol tercipta pada menit ke-52 melalui tendangan Enrich yang masih dihentikan Cillesen.

Barcelona benar-benar tidak nyaman dalam bermain, bahkan Messi harus turun cukup jauh untuk membantu merancang serangan. Sang juara Liga Spanyol itu mampu menguasai bola namun tidak berhasil memberi ancaman berarti di daerah pertahanan Eibar.

Hingga laga usai, skor imbang 2-2 tidak berubah kendati kedua kesebelasan saling berganti menyerang dan menciptakan peluang hingga akhir laga. 

Susunan pemain inti Eibar:
Marko Dmitrovic; Pablo De Blasis, Paulo Oliveira, Ivan Ramis, Cote; Fabian Orellana, Gonzalo Escalante, Joan Jordan, Marc Cucurella; Sergi Enrich, Charles.

Susunan pemain inti Barcelona:
Jasper Cillessen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Sergi Roberto, Lionel Messi, Malcom. (nva/nva)