Rossi Pasrah Yamaha Tak Mampu Bersaing

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 08:23 WIB
Rossi Pasrah Yamaha Tak Mampu Bersaing Valentino Rossi kembali gagal bersaing berebut podium di MotoGP Prancis 2019. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi mengaku kesulitan bersaing dengan para pebalap MotoGP lain setelah gagal masuk posisi tiga besar pada MotoGP Prancis 2019.

Rossi dan Yamaha masih berkutat pada masalah motor yang tak kunjung beres. Rossi menilai ada perbaikan yang dilakukan oleh mekanik tim, namun menurut pebalap 40 tahun itu semua tidak berarti karena Yamaha tidak memiliki kecepatan.

"Balapan tadi [MotoGP Prancis] sulit. Beruntung saya mengawali balapan di depan dan start saya tidak jelek. Saya berupaya semaksimal mungkin. Tetapi saya tidak cukup cepat. Saya kehilangan waktu di trek lurus. Saya juga kehilangan waktu pada saat akselerasi di tikungan kecepatan rendah," jelas Rossi.


Rossi Pasrah Yamaha Tak Mampu BersaingValentino Rossi (kiri) tertinggal dari rival-rival di MotoGP. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
"Saya selalu berusaha menempati podium di setiap balapan. Podium adalah target saya, namun sayangnya saya tidak mampu mengalahkan pebalap tim Ducati. Hal yang positif saya dapat mengakhiri balapan dengan baik. Saya mampu bangkit. Jika dibandingkan musim lalu kami tidak mendapat banyak masalah pada lap-lap terakhir. Ini positif, tetapi tidak cukup untuk meraih podium," sambungnya.

Pebalap yang kali terakhir menjadi juara dunia pada satu dasawarsa lalu itu menganggap motor Yamaha cukup nyaman dikendarai. Namun di sisi lain tidak memiliki kecepatan seperti motor-motor tim pesaing seperti Honda atau Ducati.

Rossi Pasrah Yamaha Tak Mampu Bersaing
Di antara 22 pebalap yang tampil di MotoGP Prancis 2019, kecepatan tertinggi Rossi adalah yang paling rendah dibanding lainnya. Dikutip dari Crash, kecepatan Rossi tertinggal kira-kira 10 kilometer per jam dibanding Andrea Dovizioso.

"Dalam sejarah, sejak 2004 Yamaha tidak bisa cepat di lintasan lurus. Musim ini sepertinya kami kalah banyak. Anda harus bersaing dengan tim lain dan mereka sungguh cepat di lintasan lurus jadi sulit untuk menyalip," kata Rossi.

"Kami begitu menderita di lintasan lurus pada tahun ini. Sepertinya tim lain juga melakukan perbaikan. Secara keseluruhan motor cukup baik untuk dikendarai dan cukup konstan hingga akhir balapan, namun itu tidak cukup," tambahnya.

Hanya menempati peringkat kelima di MotoGP Prancis, Rossi gagal memperbaiki peringkat di klasemen pebalap. Dari lima balapan, Rossi mengumpulkan 72 poin, tertinggal 23 poin dari Marquez yang menjadi pemimpin klasemen. (jal)