Real Madrid Terpuruk: Zidane Jauh Lebih Buruk dari Solari

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 06:49 WIB
Real Madrid Terpuruk: Zidane Jauh Lebih Buruk dari Solari Zinedine Zidane tidak mampu membuat Real Madrid bermain lebih baik di sisa musim ini. (REUTERS/Susana Vera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapor tiga pelatih yang menangani Real Madrid musim ini muncul usai Liga Spanyol. Dari catatan statistik, rapor Zinedine Zidane lebih buruk dari Santiago Solari.

Madrid menutup musim ini dengan kekalahan 0-2 dari Real Betis di Santiago Bernabeu, Minggu (19/5) waktu setempat. Dua gol yang dicetak Loren Moron dan Jese membuat para penggawa Los Merengues mengakhiri laga dengan kepala tertunduk.

Hasil itu menambah catatan buruk Zidane dalam periode keduanya menukangi Los Merengues. Dari 11 laga bersama Zidane, Madrid meraih lima kemenangan, dua imbang, dan menelan empat kekalahan.


Dikutip dari Marca, Madrid hanya meraih 17 poin dari 33 poin yang bisa diraih bersama Zidane. Raihan poin Zidane hanya mencapai angka 51,51 persen.

Real Madrid Terpuruk: Zidane Jauh Lebih Buruk dari SolariReal Madrid menelan kekalahan 0-2 dari Real Betis di laga terakhir Liga Spanyol. (REUTERS/Juan Medina)
Rapor pelatih asal Prancis itu kalah mengilap jika dibandingkan dengan Solari. Pelatih asal Argentina itu memberikan 12 kemenangan, satu hasil imbang, dan empat kali kalah.

Mengacu rapor tersebut, persentase poin yang diraih Solari bersama Madrid mencapai angka 72, 54 persen. Namun, Solari tetap dipecat setelah Karim Benzema dkk takluk 1-4 dari Ajax Amsterdam pada leg kedua 16 besar di Santiago Bernabeu, 5 Maret lalu.

Real Madrid Terpuruk: Zidane Jauh Lebih Buruk dari Solari
Persentase poin yang diraih Zidane hanya lebih baik dari pelatih pertama Madrid musim ini, yakni Julen Lopetegui. Mantan pelatih Porto itu menangani Madrid dalam 10 laga musim ini.

Lopetegui mengantarkan Madrid meraih 14 poin dari 10 laga tersebut. Persentase poinnya hanya 46,66 persen.

Torehan buruk dari 11 laga itu membuat Zidane punya pekerjaan rumah yang sangat besar menghadapi musim depan. Pelatih berusia 46 tahun itu dikabarkan bakal mendepak lebih dari 10 pemain dan mendatangkan pemain bintang anyar agar Madrid kembali tampil kompetitif musim 2019/2020. (jal/jal)