Empat Tim Italia Berebut Dua Tiket Sisa Liga Champions

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 09:50 WIB
Empat Tim Italia Berebut Dua Tiket Sisa Liga Champions Inter Milan pantang tergelincir agar bisa lolos ke Liga Champions musim depan. (REUTERS/Daniele Mascolo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perebutan dua tiket terakhir wakil Italia ke Liga Champions semakin panas jelang laga terakhir yang akan berlangsung pada akhir pekan nanti.

Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma, bersaing ketat demi finis di zona empat besar. Dua tiket lainnya sudah jadi milik Juventus dan Napoli yang sudah pasti finis di posisi dua teratas.

Atalanta saat ini menempati peringkat ketiga dengan 66 poin. Skuat asuhan Gian Piero Gasperini punya jumlah poin yang sama dengan Inter Milan di peringkat keempat.


Sedangkan posisi kelima klasemen sementara ditempati AC Milan dengan torehan 65 poin dan Roma yang baru mengoleksi 63 poin.

Liga Italia: Empat Tim Berebut Dua Tiket Sisa Liga ChampionsAtalanta berpeluang besar untuk lolos ke Liga Champions musim depan. (REUTERS/Massimo Pinca)
Secara matematis, keempat tim di atas masih berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan. Namun, Atalanta dan Inter Milan lebih difavoritkan mengacu posisi kedua tim di klasemen sementara.

Atalanta dan Inter Milan bisa lolos ke Liga Champions musim depan walau meraih hasil imbang pada pekan terakhir. Dengan catatan, Milan dan Roma meraih hasil imbang atau Milan serta Roma menelan kekalahan.

Namun, posisi Atalanta dan Inter bakal rawan tergusur andai Milan dan Roma meraih kemenangan. Jika Atalanta dan Inter hanya imbang sebaliknya Milan menang maka Rossoneri akan mengamankan satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Liga Italia: Empat Tim Berebut Dua Tiket Sisa Liga Champions
Sedangkan peluang Roma lolos ke Liga Champions musim depan masih ada meski terbilang tipis. Syaratnya anak asuh Claudio Ranieri harus menang, sementara Atalanta dan Inter menelan kekalahan.

Kendati demikian, kemenangan saja tidak cukup untuk Roma di pekan terakhir nanti. I Lupi wajib menang dengan banyak gol untuk menggeser Atalanta atau Inter karena head to head tim ibukota dengan dua tim itu imbang.

Roma memiliki surplus 17 gol, Inter dengan 23 gol, dan Atalanta surplus 29 gol.

Di Liga Italia, agresivitas gol tandang dan tandang tidak menentukan dalam head to head sebuah tim. Kondisi ini membuat hanya selisih gol yang bisa membuka jalan Roma lolos ke Liga Champions musim depan.

Di pekan terakhir, Roma, Atalanta, dan Inter Milan akan bermain di kandang dan hanya AC Milan yang bermain di kandang lawan. Roma menjamu Parma, Inter Milan menghadapi Empoli, Atalanta bersua Sassuolo, dan Milan tandang ke markas SPAL dalam laga yang berlangsung serentak pada 26 Mei mendatang. (jal/jal)