Finis ke-11 di MotoGP Prancis, Lorenzo Mengaku Butuh Waktu

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 11:15 WIB
Finis ke-11 di MotoGP Prancis, Lorenzo Mengaku Butuh Waktu Jorge Lorenzo hanya finis ke-11 di MotoGP Prancis. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengaku terus beradaptasi dengan motor RC213V dan berjanji bakal lebih sabar dalam menjalani balapan MotoGP musim ini.

Lorenzo hanya menempati urutan ke-11 dalam seri balapan terakhir dalam balapan MotoGP Prancis 2019 di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5).

Hasil itu melanjutkan tren buruk Lorenzo di MotoGP 2019. Dalam empat seri sebelumnya, Lorenzo gagal finis di 10 besar dan malah gagal finis di MotoGP Amerika Serikat.


Pebalap asal Spanyol tersebut saat ini berada di peringkat ke-14 dalam klasemen sementara dengan perolehan 16 poin.

Lorenzo Akui Kurang Sabar Bersama HondaLorenzo belum berhasil menembus posisi 10 besar di MotoGP 2019. (REUTERS/Panoramic/Vincent Guignet)
Lorenzo terpaut 79 poin dari rekan setim Marc Marquez yang berada di puncak klasemen dengan 95 poin. Seri balapan selanjutnya bakal berlangsung di Sirkuit Mugello di MotoGP Italia pada 2 Juni.

Pada musim lalu Lorenzo berhasil meraih podium pertama di sana. Pebalap 32 tahun ini kemudian menjelaskan mengenai kemungkinan mempertahankan posisi podium tersebut.

"Ini hanya masalah waktu. Tim Honda memiliki motor [ RC213V] yang rumit. Saya harus lebih sabar, balapan MotoGP ini adalah sebuah hal yang sulit dan perjalanan yang sangat panjang," kata Lorenzo seperti dikutip dari Bike Sport News pada Senin (20/5).

Finis ke-11 di MotoGP Prancis
"Akan tetapi, kami terus melakukan pengembangan dan segala sesuatunya masih bisa berubah. Ini bukan soal lintasan, saya hanya perlu memahami bagaimana cara terbaik mengendarai motor ini," katanya menambahkan.

Lorenzo bukan satu-satunya pebalap yang mengendarai RC213V. Selain dia, empat pebalap lain yang menggunakan motor itu antara lain Marc Marquez (Repsol Honda), Stefan Bradl (Repsol Honda), Takaaki Nakagami (LCR Honda), dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

"Marc mengendarai motor ini dengan sempurna, tapi dia sudah berada di tim Honda selama kurang lebih tujuh tahun. Dia telah merasakan perbedaannya," ucap Lorenzo.

Musim ini adalah musim perdana Lorenzo balapan bersama tim Repsol Honda usai membela Ducati pada dua musim sebelumnya.

Live streaming MotoGP Italia 2019, 2 Juni mendatang, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (map/jal)