Final Liga Champions: Harga Tiket Rp111 Juta, Hotel Rp19 Juta

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 14:58 WIB
Final Liga Champions: Harga Tiket Rp111 Juta, Hotel Rp19 Juta Suporter Liverpool akan datang langsung ke Stadion Wanda Metropolitano. (Phil Noble/Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suporter Liverpool dan Tottenham Hotspur bakal dipaksa merogoh kocek lebih dalam jika ingin menonton langsung final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, 1 Juni mendatang.

Suporter Liverpool dan Spurs mulai sibuk mencari informasi soal biaya akomodasi menuju Madrid lewat mesin pencarian internet. Khusus bagi pendukung Spurs, ini adalah laga final perdana Liga Champions yang pantang untuk dilewatkan.

Dilansir dari AS pada Senin (20/5), aplikasi dan situs perjalanan Airbnb menemukan lonjakan permintaan dan penurunan jumlah kamar yang tersedia secara cepat. Hal ini lantaran para penggemar dua klub asal Liga Primer Inggris ingin cepat mengamankan pesanan mereka.


Liverpool mengalokasikan sebanyak 16.613 tiket untuk laga final tersebut. Tiket ini terbagi ke dalam empat kategori dengan kisaran £60 sampai £513 atau kurang lebih Rp1,1 juta hingga Rp9,4 juta.

Final Liga Champions: Harga Penginapan dan Tiket Naik DrastisTottenham Hotspur akan menghadapi Liverpool di final Liga Champions. (Action Images via Reuters/Matthew Childs)
Sama dengan Liverpool, Tottenham juga mengalokasikan jumlah tiket yang sama. Pihak Spurs juga menyediakan beberapa tiket gratis lewat undian di situs resmi klub. Akan tetapi, fan butuh 481 poin dalam tiket terusan yang mereka pakai sepanjang musim ini untuk mendapatkan tiket gratis tersebut.

Penonton pun bisa membeli paket tiket dari UEFA seharga €3.100 (setara Rp50 juta) untuk Club Platinum dan €6.900 (setara Rp111 juta) untuk paket Gold.

Sementara itu harga hotel di Madrid yang paling murah untuk final Liga Champions berada di kisaran €600 atau sekitar Rp9,6 juta untuk satu malam jika Anda memesannya saat ini. Namun bila Anda berencana memesan hotel semalam sebelum pertandingan untuk dua orang dewasa, harga satu kamar bisa mencapai €1.211 atau berkisar Rp19 juta.

Final Liga Champions: Harga Penginapan dan Tiket Naik Drastis
Harga hotel di Madrid mengalami lonjakan drastis. Sebagai perbandingan, bila seseorang memesan kamar sepekan setelah Liga Champions, harga untuk satu malam hanya €34 atau kurang lebih Rp548 ribu.

Tak hanya hotel, pemesanan apartemen di Madrid juga ludes terjual. Saat ini hanya tersedia 300-an kamar jelang final Liga Champions. Namun untuk sepekan kemudian, masih ada 2.000-an kamar yang tersedia.

Saat ini harga untuk satu kamar apartemen mencapai €1.500 (setara Rp24 juta). Sedangkan untuk hari biasa, harga semalam hanya €150 (setara Rp2,4 juta).

Adapun satu kali perjalanan ke Madrid dari London menggunakan pesawat terbang biasanya hanya perlu merogoh kocek sebesar €500 (setara Rp8 juta). Namun karena euforia Liga Champions, harga tiket pesawat kini mencapai €1.712 (setara Rp27 juta). (map/jal)