Lalu Zohri Ditarget Catat Waktu di Bawah 10 Detik

CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 15:59 WIB
Lalu Zohri Ditarget Catat Waktu di Bawah 10 Detik Lalu Zohri ditarget raih waktu di bawah 10 detik di Doha. (REUTERS/Darren Whiteside)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah lolos Olimpiade 2020, pelari Indonesia Lalu Zohri ditargetkan mampu mencatat waktu di bawah 10 detik pada Kejuaraan Dunia Atletik di Doha, Qatar, September 2019.

Belum lama ini Zohri sudah mencatatkan waktu terbaiknya 10,03 pada nomor lari 100 meter di Seiko Golden Grand Prix 2019, Osaka, Minggu (19/5).

Catatan waktu di Osaka memastikan pelari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo.


Sebelumnya, Lalu Zohri mencatatkan 10,13 detik di final Kejuaraan Atletik Asia di Doha, Qatar, 23 April lalu. Namun, ia berhasil mempertajam catatan waktunya 0,10 detik.

Pelatih Eni Nuraeni Martodihardjo mengaku tak menyangka Zohri bisa mempertajam catatan waktu di Osaka. Terlebih, anak didiknya itu tampil sebagai undangan.

Lalu Zohri lolos ke Olimpiade 2020.Lalu Zohri lolos ke Olimpiade 2020. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Sebetulnya tak mengira [bisa secepat itu mempertajam catatan waktunya], tapi Lalu Muhammad Zohri memang istimewa," ucap Eni.

Eni menegaskan tidak akan memberikan beban berlebihan kepada Zohri. Program latihan juga tetap disesuaikan dengan level pelari yang masih berusia 18 tahun.

"Insya Allah di Kejuaraan Dunia di Doha, Lalu Zohri bisa lari di bawah 10 detik," harap Eni.

Lolos Olimpiade, Zohri Ditarget Catat Waktu di Bawah 10 Detik
Meski tidak ikut ke Osaka, Eni menilai teknik start yang dibuat Lalu Zohri sudah mengalami peningkatan.

Meski sudah berhak tampil di Olimpiade, Zohri bakal mengikuti sejumlah kejuaraan. Ini dilakukan untuk menjadi bahan evaluasi dan meningkatkan performa di lintasan.

"Zohri harus bisa tetap mempertahankan penampilannya, menjaga performanya, jangan sampai jeblok lagi."

Lalu Zohri pernah diundang ke Istana Presiden RI.Lalu Zohri pernah diundang ke Istana Presiden RI. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Dalam kesempatan berbincang dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu, Zohri memang berhasrat untuk bersaing dengan pelari top dunia. Itu terwujud di Osaka ketika ia harus berhadapan dengan pelari asal Amerika Serikat, Gatlin Justin.

Lalu Zohri hanya terpaut 0,03 detik dari Gatlin yang menjadi tercepat pada kejuaraan atletik berlabel Grand Prix tersebut. Di urutan kedua Yoshihide Kiryu asal Jepang yang meraih perak dengan 10,01 detik.

"Saya sudah tanam dalam diri bahwa saya punya target bisa bertanding sama pelari top dunia, latihan mati-matian. Kekurangan yang ada semua harus diperbaiki. Dengan memperbaiki kekurangan mungkin bisa lebih baik lagi dan tanding di level internasional."

"Saya punya target untuk bisa lari di kisaran sembilan detik. 1-2 tahun lagi saya yakin saya bisa," ungkap Lalu Zohri. (TTF/jun)