Hasil Liga 1 2019: Persija Diimbangi Barito Putera 1-1

nva, CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 22:24 WIB
Hasil Liga 1 2019: Persija Diimbangi Barito Putera 1-1 Riko Simanjuntak menyumbang satu assist untuk Persija ketika bertamu ke Barito. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta dan Barito Putera bermain imbang 1-1 dalam lanjutan pekan perdana Liga 1 2019 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (20/5).

Barito yang memainkan formasi 3-5-2 bermain cukup agresif menghadapi juara bertahan Liga 1. Rizky Rizaldi Pora, Evan Dimas, Rafael Silva, dan Lucas Rodrigues sibuk membangun serangan untuk membongkar pertahanan Persija.

Menguasai bola di lini tengah, Barito tidak leluasa mengancam gawang Andritany Ardhyasa. Umpan-umpan silang maupun operan dari tengah masih mampu dibaca oleh Ismed Sofyan dan kawan-kawan.


Sementara Persija cukup sabar bermain pasif menunggu serangan lawan sambil sesekali mencuri kesempatan menembus celah ruang Laskar Antasari yang gencar menyerang. Beberapa kali Bruno Matos dan Riko Simanjuntak mencoba membangun serangan, namun tidak mampu menghasilkan peluang berarti.

Serangan Persija pada menit ke-37 dituntaskan Simic. Kolaborasi Riko dan Simic kembali memegang peranan dalam gol kali ini. Umpan silang Riko dari sisi kanan berhasil dimanfaatkan penyerang asal Kroasia yang bebas menyundul tanpa kawalan.

Hasil Liga 1 2019: Persija Diimbangi Barito Putera 1-1Jacksen F Tiago mengamankan satu poin dari laga perdana Barito Putera di Liga 1 2019. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Gagal mencetak gol, pada menit akhir Bbabak pertama Jacksen F Tiago memutuskan menarik keluar Yakob Sayuri dan memasukkan pemain veteran Samsul Arif.

Dalam lanjutan laga di paruh kedua, Barito kembali mencoba tampil menyerang. Namun seperti pada babak pertama, Evan Dimas dan kawan-kawan tidak mampu membuka kunci pertahanan Persija yang memainkan garis defensif cukup dalam. Ketidaksabaran dan penyelesaian akhir yang tidak cukup bagus juga menambah persoalan Barito di lini depan.

Selain Barito yang gencar bermain ofensif, gaya Macan Kemayoran yang berhati-hati dalam menyerang juga membuat laga babak kedua serupa 45 menit pertama.

Pada menit ke-58 kemelut dari tendangan sudut Persija coba dimanfaatkan Riko dengan tendangan kencang dari dalam kotak penalti yang masih mampu diblok M Riyandi. Riko kembali memiliki peluang pada menit ke-63 dengan tembakan kaki kanan setelah melakukan solo run.

Salah satu upaya yang dilakukan Barito untuk membobol gawang Persija adalah tendangan voli memebelakangi gawang yang dilakukan Samsul Arif pada menit ke-71 yang masih menyamping dan sepakan jarak jauh Bayu Pradana pada menit ke-75 yang diblok Andritany.

Hasil Liga 1 2019: Persija Diimbangi Barito Putera 1-1
Barito baru dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Situasi serangan Barito yang mengurung pertahanan Persija di area kotak penalti dituntaskan Rafael da Silva. Evan dimas yang sempat mengambil ancang-ancang melepas tembakan kemudian memberi umpan lambung. Samsul Arif sempat mengutak-atik bola sebelum melepas umpan tumit kepada Rafael yang melepaskan bola ke gawang Andritany dengan tendangan akurat.

Pada menit ke-87 Evan Dimas mencocor bola kiriman dari Samsul Arif. Bola masuk ke gawang namun tidak dihitung gol karena offside. Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit Iwan Sukoco meniup peluit akhir tanda laga usai.

Susunan pemain inti Barito Putera:
M Riyandi; Dandi Maulana, Artur Viera, Dony Monim; Evan Dimas, Bayu Pradana, Lucas Rodrigues, Rizky Rizaldi Pora, Andri Ibo; Yakob Sayuri, Rafael Da Silva

Susunan pemain inti Persija Jakarta:
Andritany Ardhyasa; Tony Sucipto, Steven Paulle, Ryuji Utomo, Ismed Sofyan; Rohit Chand, Sandi Sute, Bruno Matos; Novri Setiawan, Marko Simic, Riko Simanjuntak (nva/nva)