Atalanta Selangkah Lagi Cetak Sejarah Lolos Liga Champions

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 07:25 WIB
Atalanta Selangkah Lagi Cetak Sejarah Lolos Liga Champions Atalanta tinggal selangkah lagi membuat sejarah dengan lolos ke Liga Champions. (REUTERS/Massimo Pinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atalanta berpeluang mencetak sejarah lolos untuk kali pertama ke Liga Champions musim depan. Peluang terbuka karena Gli Orobici saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara Liga Italia.

Sejak berdiri pada 17 Oktober 1907, Atalanta belum pernah sekalipun berpartisipasi di kompetisi 'para juara'. Prestasi terbaik Atalanta di pentas Eropa adalah lolos hingga perempat final Piala UEFA (Liga Europa) musim 1990/1991 dan semifinal Piala Winners musim 1987/1988.

Di pentas domestik, prestasi terbaik Atalanta adalah juara Coppa Italia pada 1962/1963 dan enam kali juara Serie B Italia. Di Liga Italia, Gli Orobici belum pernah mengangkat trofi juara.


Atalanta saat ini menempati peringkat ketiga dengan 66 poin. Skuat asuhan Gian Piero Gasperini punya jumlah poin yang sama dengan Inter Milan di peringkat keempat.

Atalanta Selangkah Lagi Cetak Sejarah Lolos Liga ChampionsAtalanta saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara Liga Italia. (REUTERS/Massimo Pinca)
Atalanta dan Inter Milan bisa lolos ke Liga Champions musim depan meski meraih hasil imbang pada pekan terakhir. Dengan catatan, AC Milan dan Roma meraih hasil imbang atau Milan serta Roma menelan kekalahan.

Saat ini, AC Milan dan Roma berada di peringkat kelima dan keenam dengan 65 dan 63 poin. Posisi Atalanta atau Inter untuk tampil di Liga Champions bakal mengecil andai AC Milan dan Roma meraih kemenangan di laga terakhir Serie A musim ini.

Jika Atalanta dan Inter hanya imbang sedangkan AC Milan menang maka Rossoneri akan mengamankan satu tiket ke Liga Champions musim depan. Di Liga Italia, agresivitas gol tandang dan tandang tidak menentukan dalam head to head sebuah tim.

Atalanta Selangkah Lagi Cetak Sejarah Lolos Liga Champions
Di pekan terakhir, Roma, Atalanta, dan Inter Milan akan bermain di kandang dan hanya AC Milan yang bermain di kandang lawan. Roma menjamu Parma, Inter Milan menghadapi Empoli, Atalanta bersua Sassuolo, dan Milan tandang ke markas SPAL dalam laga yang berlangsung serentak pada 26 Mei mendatang.

Bila merujuk kepada catatan pertandingan yang lalu-lalu, Atalanta kemungkinan besar bisa memenangkan pertandingan terakhir di Stadion MAPEI dengan mudah. Pasalnya, Atalanta belum terkalahkan dari 10 pertemuan terakhir lawan Sassuolo.

Kali terakhir Atalanta kalah dari Sassuolo pada 2014. Ketika itu, Atalanta kalah dengan skor 0-2 di Stadion Atleti Azzurri d'Italia, Bergamo, di Liga Italia pada 6 April 2014. (map/jal)