Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa karena Masalah Keamanan

CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 19:39 WIB
Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa karena Masalah Keamanan Mkhitaryan (tengah) dipastikan absen di final Liga Europa. (Action Images via Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelandang Arsenal Henrikh Mkhitaryan dipastikan absen di final Liga Europa saat menghadapi Chelsea di Stadion Olympic Baku, Azerbaijan, Rabu (29/5) waktu setempat, karena alasan keamanan.

Sebelumnya Mkhitaryan diragukan terbang ke Baku bersama skuat The Gunners karena perselisihan negaranya, Armenia, dengan Azerbaijan terkait wilayah Nagorno-Karabakh.

Arsenal sudah berkoordinasi dengan UEFA terkait strategi keamanan pemain berusia 30 tahun itu. Mkhitaryan juga diberikan dispensasi khusus guna mendapatkan visa untuk pertandingan puncak nanti.


Tetapi pada akhirnya Arsenal mengurungkan niatnya membawa Micki, sapaan Mkhitaryan, ke Azerbaijan. Menurut Arsenal, absennya Micki di final nanti karena permintaan keluarga sang pemain.

"Kami sangat kecewa mengumumkan Henrikh Mkhitaryan tidak akan bersama skuat untuk final Liga Europa melawan Chelsea," tulis pernyataan Arsenal dikutip dari Squawka.

Meski bakal absen, Mkhitaryan tetap diperbolehkan mengikuti sesi latihan Arsenal.Meski bakal absen, Mkhitaryan tetap diperbolehkan mengikuti sesi latihan Arsenal. (Reuters/John Sibley)
"Kami telah sepenuhnya mengeksplorasi semua opsi bagi Micki untuk menjadi bagian dari skuat. Tetapi setelah mendiskusikan hal ini dengan Micki dan keluarganya, kami secara kolektif sepakat bahwa ia tidak akan berada di pesta perjalanan kami," Arsenal menambahkan.

Arsenal mengaku sangat sedih karena tidak bisa membawa Mkhitaryan yang merupakan pemain kunci klub asal London Utara itu. Absennya Micki adalah kehilangan besar bagi tim asuhan Unai Emery tersebut.

Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa karena Masalah Keamanan
"Arsenal sangat sedih bahwa seorang pemain akan absen di final Liga Europa karena kondisi seperti ini. Karena itu [final] adalah sesuatu yang jarang terjadi dalam karier seorang pesepakbola," ucap Arsenal.

"Micki akan terus menjadi bagian dari persiapan tim sampai kami berangkat ke Baku pada akhir pekan," Arsenal melanjutkan.

Sebelumnya Mkhitaryan juga absen ketiga Arsenal melakoni laga tandang ke markas tim Azerbaijan, Qarabag, di stadion yang sama pada awal Oktober 2018. (sry/jun)