Indonesia Wajib Waspada Perubahan Formasi Denmark

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 11:21 WIB
Indonesia Wajib Waspada Perubahan Formasi Denmark Anthony Sinisuka Ginting berlatih jelang menghadapi Denmark. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Denmark yang mengalami kekalahan dari Inggris mungkin akan melakukan perubahan formasi saat berhadapan dengan Indonesia dalam laga fase grup Piala Sudirman 2019, Rabu (22/5).

Denmark mendapat kejutan besar ketika mereka tumbang di hadapan Inggris. Mereka hanya mampu merebut dua nomor tunggal dan kalah di tiga nomor ganda. Padahal Inggris memainkan tiga pemain yang turun main rangkap di laga tersebut.

Kegagalan pemain ganda tim Viking memanfaatkan keunggulan stamina atas pemain Inggris tentu bakal jadi evaluasi tersendiri bagi Denmark jelang laga lawan Indonesia.


Di nomor ganda putra, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen gagal memenuhi harapan untuk bisa menyumbang poin bagi Denmark. Tanpa ada pemain yang rangkap, maka nomor ganda putra bakal kembali dimainkan di awal laga.

Astrup/Rasmussen punya catatan buruk dalam head to head menghadapi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Torehan itu tentu jadi perhatian bagi kubu Denmark.

Indonesia Wajib Waspada Perubahan Formasi DenmarkPraveen Jordan dan Tontowi Ahmad berdiskusi dalam latihan. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar)
Denmark masih menyimpan satu senjata bernama Mathias Boe di nomor ganda putra. Ada kemungkinan Boe yang punya jam terbang tinggi bakal bermain di laga ini. Ia bisa berpasangan dengan Mads Conrad-Petersen.

Pada nomor ganda campuran, kekalahan Mathias Christiansen/Sara Thygesen juga bisa membuat tim Denmark memberikan kesempatan pada Rikke Soby untuk bermain. Dengan demikian, Sara Thygesen bisa fokus tampil bersama Maiken Fruergaard di nomor ganda putri.

Namun bila Denmark menghindari kekuatan Indonesia di ganda putra, maka mereka akan memilih merangkap pemain di nomor ganda campuran dan ganda putri.

Sara Thygesen atau Rikke Soby mungkin bakal bermain rangkap. Hal itu mendorong formasi pertandingan menjadi ganda campuran-tunggal putra-tunggal putri-ganda putra-ganda putri.

Denmark bakal berjuang keras mengambil poin kemenangan di tiga partai awal. Ganda putra yang merupakan andalan Indonesia bakal tergeser ke nomor urut keempat.

Indonesia Wajib Waspada Perubahan Formasi Denmark
Viktor Axelsen dan Mia Blichfeldt bakal kembali diandalkan untuk menyumbang poin dari nomor tunggal. Denmark juga mungkin menyiapkan nama Mathias Boe di partai keempat sebagai pemain dengan jam terbang tinggi.

Kabid Binpres PBSI Susy Susanti mengakui bahwa Tim Indonesia bakal mewaspadai dan menghitung kemungkinan perubahan formasi yang mungkin dilakukan Denmark.

"Bisa mungkin saja, Denmark mengubah formasi. Namun buat kami, siapa saja dari Denmark, kami harus siap. Tetapi kami akan melihat kemungkinan-kemungkinannya."

"Contoh mungkin [perubahan] ganda putra dan ganda campuran atau ganda putri, kami harus tetap siap. Di nomor tunggal putra dan putri, mungkin tidak jauh. Sebetulnya yang terbaik mereka turunkan pada waktu lawan Inggris, namun kalau mereka melakukan perubahan, kami harus siap," ucap Susy. (ptr/jal)