Laporan dari China

Misi Indonesia Redam Formasi Dadakan Denmark

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 15:50 WIB
Misi Indonesia Redam Formasi Dadakan Denmark Mohammad Ahsan akan turun menghadapi Denmark pada laga fase grup Piala Sudirman 2019. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Denmark memutuskan untuk membuat perubahan di komposisi pemain saat menghadapi Indonesia pada laga kedua fase grup Piala Sudirman 2019, Rabu (22/5) sore waktu Indonesia barat. Namun Tim Indonesia juga melakukan hal yang sama.

Tim Indonesia yang tampil bagus ketika menghadapi Inggris melakukan perubahan formasi di tiga nomor. Fitriani, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja bakal turun di laga ini mendampingi Anthony Ginting dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang kembali bermain.

Di Tim Denmark Sara Thygesen bermain di dua nomor, ganda campuran dan ganda putri, sehingga mendorong nomor ganda campuran dipertandingkan lebih dulu di nomor urut pertama.


Hafiz/Gloria bakal berhadapan dengan Mathias Christiansen/Sara Thygesen di partai pertama. Sebagai pasangan tetap, di atas kertas kombinasi Hafiz/Gloria bakal lebih bagus dibandingkan Christiansen/Thygesen.

Misi Indonesia Meredam Formasi Dadakan DenmarkGreysia Polii akan tampil untuk kali kedua pada Piala Sudirman 2019. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar)
Denmark kemudian tentu berharap bisa meraup poin di nomor tunggal putra lewat pemain terbaik yang mereka miliki saat ini, Viktor Axelsen. Anthony Ginting dipercaya bisa membendung ambisi Axelsen.

Ginting punya modal bagus berupa keunggulan head to head 2-1 atas juara dunia 2017 tersebut.

Di pertandingan ketiga, Denmark memberikan kejutan lewat kehadiran duet dadakan Mathias Boe/Kim Astrup. Indonesia sendiri memutuskan untuk menurunkan ganda dengan jam terbang tinggi, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di laga ini.

Misi Indonesia Meredam Formasi Dadakan Denmark
Pada partai keempat, Tim Indonesia memilih Fitriani untuk menghadapi Mia Blichfeldt. Fitriani punya modal berupa kemenangan melawan Mia Blichfeldt di dua laga sebelumnya.

Pada partai terakhir, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berhadapan dengan Maiken Fruergaard/Sara Thygesen. Greysia/Apriyani selalu menang dalam tiga laga sebelumnya dan bakal punya keunggulan dari segi stamina karena Sara Thygesen sudah bermain di nomor ganda campuran.

Denmark bakal berusaha untuk merebut tiga poin dari empat partai awal karena mereka sadar bahwa mereka bakal mengalami kerugian bila skor imbang 2-2 hingga partai keempat.

Namun melihat formasi dan susunan pemain yang dilakukan oleh Indonesia, skuat Merah-Putih telah membaca strategi Denmark dengan baik dan punya kemampuan untuk menghentikan serangan kejutan Denmark di laga ini. (ptr/har)