Rossi Diprediksi Punya Rekan Setim Baru di MotoGP 2020

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 11:34 WIB
Rossi Diprediksi Punya Rekan Setim Baru di MotoGP 2020 Valentino Rossi diklaim bisa punya rekan setim yang berbeda musim depan. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, memprediksi Valentino Rossi akan memiliki rekan setim baru di Yamaha pada MotoGP 2020 jika Maverick Vinales tidak mampu meningkatkan penampilan musim ini.

Vinales terpuruk di posisi sepuluh klasemen sementara MotoGP 2019 dengan torehan 30 poin setelah gagal finis pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5). Hasil di Prancis membuat Vinales tertinggal hingga 35 poin dari Marc Marquez di puncak klasemen.

Dari lima seri yang sudah dijalani, Vinales baru mampu meraih satu podium, dua kali gagal finis, satu kali finis ketujuh dan satu kali finis ke-11. Padahal pebalap asal Spanyol itu terbilang mampu tampil cukup bagus di latihan bebas atau babak kualifikasi.


Pernat, melalui GP One, meyakini posisi Vinales di Yamaha dalam ancaman. Jika tidak mampu meningkatkan penampilan, Vinales diklaim Pernat akan digantikan Fabio Quartararo di Yamaha musim depan.

Fabio Quartararo tampil cukup bersinar di lima seri awal MotoGP 2019.Fabio Quartararo tampil cukup bersinar di lima seri awal MotoGP 2019. (JORGE GUERRERO / AFP)
"Quartararo pebalap fenomenal dan bisa menjadi pesaing Marquez. Untuk alasan ini Vinales harus hati-hati. Vinales mengingatkan saya akan Marco Melandri. Dia sekarang berisiko mendapatkan musim buruk dan kehilangan posisi di tim pabrikan," ujar Pernat.

"Meski memiliki kontrak dua tahun, dia bisa terdegradasi ke tim Petronas Yamaha dan saya yakin Yamaha akan mempertimbangkan hal tersebut," sambung mantan manajer Valentino Rossi tersebut.

Rossi Diprediksi Punya Rekan Setim Baru di MotoGP 2020
Meski belum mampu merebut podium dan terpuruk ke posisi 12 klasemen MotoGP 2019, Quartararo menjadi rookie paling bersinar musim ini. Pebalap asal Prancis itu terbilang sial karena bermasalah dengan sepeda motor di Qatar dan Spanyol.

"Saya yakin Marquez akan bersaing dengan Quartararo dalam waktu dekat. Di Le Mans, Quartararo lebih cepat daripada Marquez. Saya mengharapkan Quartararo meraih podium dalam waktu dekat," ucap Pernat.

Live streaming MotoGP Italia yang menjadi seri berikutnya, 2 Juni mendatang, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (har/bac)