Demi Timnas Indonesia, Jupe Absen Lebaran Bersama Keluarga

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 15:50 WIB
Demi Timnas Indonesia, Jupe Absen Lebaran Bersama Keluarga Timnas Indonesia akan menjalani laga uji tanding pada Juni 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain-pemain Timnas Indonesia beragama Islam yang dipanggil mengikuti laga uji coba melawan Yordania dan Vanuatu pada Juni 2019 harus rela berpisah dengan keluarga pada saat hari raya Idul Fitri.

Para pemain skuat Merah Putih dijadwalkan mengikuti pemusatan latihan bersama pelatih Simon McMenemy pada akhir Mei 2019 di Cikarang. Setelah itu Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan akan terbang ke Yordania pada 6 Juni untuk menjalani laga uji coba internasional pada 11 Juni. Lalu kembali ke Indonesia untuk menjamu Vanuatu pada 15 Juni.

Dengan jadwal seperti itu, para pemain muslim dipastikan berlebaran jauh dari keluarga besar. Diprediksi hari raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada 4 dan 5 Juni. Namun pemain-pemain mengaku siap menerima risiko


"Risiko setiap pemain sepak bola, pasti ada yang dikorbankan. Dalam hal ini, korban waktu bersama keluarga terlebih di momen lebaran. Saya belum tahu rencananya tim berangkat sebelum lebaran atau setelah lebaran," kata Jufriyanto kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (23/5).

Pemain Timnas Indonesia Korbankan Keluarga demi Bela NegaraAhmad Jufriyanto kembali membela Persib setelah merumput di Malaysia. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Ini bukan kali pertama bek yang akrab disapa Jupe itu mengorbankan momen lebaran demi Timnas Indonesia. Sebelumnya, bek tengah Persib Bandung itu pernah merasakan hal yang sama ketika pemusatan latihan jangka panjang di Argentina pada 2007. Kala itu Timnas Indonesia pergi ke Amerika Selatan untuk mempersiapkan diri jelang SEA Games.

Pemain Timnas Indonesia Korbankan Keluarga demi Bela Negara
Selain Jufriyanto, nasib yang sama juga dirasakan gelandang Evan Dimas. Salah satu pemain langganan Timnas Indonesia dalam kurun tiga tahun terakhir itu menganggap panggilan bergabung selayaknya panggilan sakral.

"Ya, ini memang tugas negara. Kapanpun memanggil, kami harus siap," kata Evan yang kini berkostum Barito Putera.

Sementara bagi penyerang Arema FC Dedik Setiawan, ini menjadi pengalaman pertama berlebaran di luar negeri.

"Biasanya di rumah satu pekan. Tahun ini sedikit berbeda ya. Maka dari itu, waktu yang ada dimaksimalkan buat keluarga," ucap Dedik. (map/bac)