Duo Bek Gaek Come Back ke Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 17:05 WIB
Duo Bek Gaek <i>Come Back</i> ke Timnas Indonesia Ricardo Salampessy (kanan) kembali dipanggil ke Timnas Indonesia. (AFP PHOTO/Jewel SAMAD)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua bek tengah berusia gaek come back ke Timnas Indonesia setelah cukup lama absen. Mereka adalah Achmad Jufriyanto dan Ricardo Salampessy.

Sang juru taktik tim, Simon McMenemy terus melakukan bongkar pasang demi membentuk skuat terbaik di Timnas Indonesia.

Kali ini pelatih asal Skotlandia tersebut bahkan memanggil sejumlah pemain gaek, terutama di posisi bek.


Tercatat ada empat pemain belakang yang sudah berumur 30 tahun lebih. Mereka adalah Rizky Pora, Ruben Sanadi, Jufriyanto dan Ricardo.

Dua nama terakhir cukup menjadi sorotan. Pasalnya, mereka sudah cukup lama absen berseragam Merah Putih.

Ricardo kali terakhir tampil membela skuat Garuda pada 2014, tepatnya di laga uji coba lawan Andorra.

Pemain berdarah Maluku ini pernah menjadi langganan di skuat Timnas Indonesia pada 2004 hingga 2006, terutama di era Peter Withe menjadi juru taktik.

Achmad Jufriyanto yang kembali ke Persib Bandung musim ini. (Achmad Jufriyanto kembali ke Persib Bandung musim ini. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Rentetan cedera termasuk cedera lutut yang dialami, membuat Ricardo tak lagi menjadi pemain langganan di Timnas Indonesia. Puncaknya adalah setelah Merah Putih menang 1-0 atas Andorra di laga persahabatan, ia sudah tidak memperkuat Garuda.

Kini usianya sudah 35 tahun dan kembali dipercaya masuk dalam skuat Merah Putih di bawah arahan Simon.

"Kejutan untuk saya karena sudah lama tidak terlibat di timnas. Timnas itu capaian tertinggi bagi pesepakbola, pastinya saya akan berikan kemampuan terbaik," kata pemain 35 tahun tersebut kepada CNNIndonesia.com pada Kamis (23/5).

Bek gaek lainnya, Jufriyanto, juga cukup lama absen sebelum kembali ke Timnas Indonesia. Namun, pemain 32 tahun itu tak selama Ricardo untuk bisa come back ke skuat Garuda.

Pemain yang balik lagi merumput ke Persib Bandung kali terakhir membela Timnas Indonesia pada 2017, tepatnya pada laga uji coba lawan Kamboja. Saat itu Merah Putih menang 3-1 atas lawan tandingnya tersebut.

Duo Bek Gaek <i>Come Back</i> ke Timnas Indonesia
Ricardo dan Jufriyanto pernah bermain dalam satu tim di skuat Garuda pada 2013. Mereka dimainkan pelatih Timnas Indonesia kala itu, Jacksen F Tiago, pada laga persahabatan lawan timnas Belanda di Jakarta, 7 Juni. Skuat Oranye saat itu menang 3-0 atas Merah Putih.

"Saya sudah pernah bermain [di Timnas Indonesia] pada 2013 sama [Jacksen Tiago sebagai pelatih], tapi dahulu saya bermain sebagai gelandang bertahan," terang Jufriyanto kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, McMenemy memberi kesempatan kepada dua nama itu demi mencari 'chemistry' terbaik untuk tiga bek tengah.

Mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut memang lebih cenderung menggunakan tiga bek tengah dengan formasi 3-4-3. (bac/jal)