Rekor Pertemuan Piala Sudirman: Indonesia Ungguli Jepang 2-0

CNN Indonesia | Sabtu, 25/05/2019 13:22 WIB
Rekor Pertemuan Piala Sudirman: Indonesia Ungguli Jepang 2-0 Indonesia akan bertemu Jepang pada laga semifinal Piala Sudirman 2019. (Dok. Humas PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan Indonesia vs Jepang pada Piala Sudirman 2019 merupakan laga ketiga antara dua negara dalam kejuaraan beregu campuran tersebut.

Indonesia dan Jepang kali pertama bertemu di Piala Sudirman pada penyelenggaraan yang ke-11 atau pada 2009. Sedangkan pertemuan kedua berlangsung pada 2011.

Pemain-pemain seperti Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, dan Greysia Polii tercatat sudah memperkuat skuat Indonesia dalam pertemuan terdahulu dengan Jepang.


Dalam kejuaraan yang berlangsung di Guangzhou, China, sepuluh tahun yang lalu, Tim Merah Putih dan Tim Matahari Terbit bertemu di fase gugur.

Indonesia meraih poin pertama melalui Hendra Setiawan yang saat itu berpasangan dengan Markis Kido. Selanjutnya poin-poin secara beruntun disumbangkan Maria Kristin Yulianto dan Sony Dwi Kuncoro.

Rekor Pertemuan Piala Sudirman: Indonesia Ungguli Jepang 2-0Hendra Setiawan salah satu pemain veteran yang pernah berjumpa Jepang pada 2009. (CNN Indonesia/Tarmuzi Azhar)
Setelah Jepang mencuri angka di sektor ganda putri melalui Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda, Indonesia kembali meraih kemenangan di partai terakhir yang mempertandingkan sektor ganda campuran melalui Nova Widianto/Liliyana Natsir.

Skor 4-1 atas Jepang menjadi salah satu modal melewati fase grup dan berhak atas tiket semifinal.

Rekor Pertemuan Piala Sudirman: Indonesia Ungguli Jepang 2-0
Pada 2011, Indonesia kembali bertemu Jepang. Dalam laga perempat final, pemain-pemain pelatnas PBSI mengemas kemenangan tipis.

Sempat unggul melalui Alvent Yulianto Chandra/Mohammad Ahsan, Jepang menyamakan kedudukan setelah Eriko Hirose menumbangkan Ardiyanti Firdasari. Kekalahan Simon Santoso dari Kenichi Tago membuat Indonesia berada di ujung tanduk.

Kemenangan Greysia Polii/Meiliana Jauhari dan Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet membuat Indonesia menang 3-2 dan menuju babak semifinal.

Kendati dua kali menang atas Jepang, namun peta kekuatan berubah lantaran negara Asia Timur itu kini menjadi salah satu kekuatan terbaik di arena bulu tangkis saat ini.

Rekor Pertemuan Indonesia vs Jepang di Piala Sudirman:

Piala Sudirman 2009: Indonesia 4-1 Jepang
Piala Sudirman 2011: Indonesia 3-2 Jepang (nva/jun)