Piala Sudirman 2019: Indonesia Tertinggal 1-2 dari Jepang

CNN Indonesia | Sabtu, 25/05/2019 19:54 WIB
Piala Sudirman 2019: Indonesia Tertinggal 1-2 dari Jepang Anthony Ginting kalah dari Kento Momota. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia untuk sementara tertinggal 1-2 dari Jepang setelah Anthony Ginting takluk pada partai ketiga semifinal Piala Sudirman 2019 di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Sabtu (25/5).

Anthony Ginting dipaksa menyerah dua gim langsung oleh Kento Momota dengan skor 17-21, 19-21.

Anthony mengawali pertandingan dengan kurang baik. Ia sempat tertinggal 0-5 karena penempatan bola yang ke luar area poin ataupun mengenai net.


Reli-reli panjang kerap terjadi di awal permainan. Baik Anthony maupun Momota lebih senang memainkan pukulan melambung.

Tertinggal 3-6, Anthony semakin berani melakukan jumping smash. Ia berusaha keluar dari tekanan Momota yang saat ini menempati peringkat satu dunia.

Tiga smes keras Anthony secara berturut-turut menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Raut wajah ceria Momota berubah menjadi serius.

Permainan bola dekat net dari Momota menyulitkan Anthony. Momota memimpin di pertengahan set pertama dengan skor 11-7.

Momota tahu Anthony sering melakukan kesalahan di permainan dekat net. Sementara Anthony ingin membuat Momota melakukan pukulan lambung agar dapat membalasnya dengan smash keras.

Strategi Momota terbukti. Permainan dekat net membuat Anthony kalah di set pertama dengan skor 17-21.

Berbeda dari set pertama, Anthony memulai set kedua dengan cukup baik. Tak butuh waktu lama bagi dia untuk balik unggul menjadi 5-4, usai tertinggal 1-4.

Kendati begitu, Momota tetap tenang. Pelan tapi pasti, ia kembali memimpin di pertengahan laga menjadi 11-10.

Setelah itu, skor pertandingan berjalan dengan ketat dan saling kejar. Tempo permainan semakin cepat, Anthony berupaya memaksa Momota untuk lanjut ke set ketiga.

Namun sayang, upaya tersebut gagal terwujud. Momota mengakhiri set kedua dengan kemenangan 21-19.

Sebelumnya, Indonesia membuka laga semifinal dengan kemenangan dari Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang sukses mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dua gim langsung 21-14, 21-18. Namun di partai kedua, Gregoria Mariska Tunjung kalah dari Akane Yamaguchi dengan skor 13-21-13-21.

Selanjutnya Indonesia akan menurunkan pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melawan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. (map/jun)