Ramai di Media Sosial Karl Marx Bela Semen Padang di Liga 1

CNN Indonesia | Sabtu, 25/05/2019 23:09 WIB
Ramai di Media Sosial Karl Marx Bela Semen Padang di Liga 1 Karl Marx saat diperkenalkan Semen Padang untuk tampil di Liga 1 2019. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ramai di media sosial Semen Padang diperkuat striker bernama Karl Marx saat tim tersebut bertandang ke markas PSS Sleman di Liga 1 2019, di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (25/5) malam WIB.

Pertandingan sendiri berakhir imbang 1-1. Semen Padang sempat unggul 1-0 berkat gol Rosad Setiawan pada menit ke-31 umpan dari Dedi Hartono.

Tuan rumah baru bisa menyamakan skor pada menit ke-73 melalui eksekusi penalti penyerang asal Argentina Brian Ferreira. Namun, bukan hanya laga seru di lapangan yang ramai dibahas para netizen penggandrung Liga 1 2019.


Ada nama Karl Marx yang bermain di klub tersebut. Dia adalah striker asing asal Chad bernama lengkap Karl Marx Barthelemy.

Ilustrasi foto tokoh Marxisme Karl Marx. (Ilustrasi patung tokoh Marxisme Karl Marx. (Foto: Reuters / PETER NICHOLLS)
Netizen di media sosial pun dibuat heboh dengan nama tersebut. Pasalnya, nama itu sangat identik dengan filsuf asal Jerman pendiri Marxism yang merupakan dasar dari Komunisme internasional.

Sejumlah akun Twitter pun langsung berguyon dengan kehadiran Karl Marx di lapangan.

"Sampai Karl Marx pun terdeteksi main di PS Semen Padang," demikian cuitan salah satu akun di Twitter mengomentari pemain bernama yang sama dengan pencetus Marxisme tersebut.

Ada pula akun Twitter yang mencandai nama itu dengan menyindir Indonesia yang biasa reaktif dan represif dengan simbol-simbol bernuansa Marxisme dan Komunisme.

"Biasanya yang serba berbau Marxis, enggak ada ampun, langsung razia. Tetapi kali ini pemerintah kecolongan kaena Karl Marx lolos masuk Indonesia bahkan ikut main bola di Liga 1 ikut PS Semen Padang," cuit akun Twitter lainnya.

Begitu pula akun lain yang mengomentari nama Karl Marx di Semen Padang dikaitkan dengan atribut para pendukung PSS Sleman yang berbau anarko sindikalisme.

Ramai di Media Sosial Karl Marx Bela Semen Padang di Liga 1
"Kok kebetulan ya di PSS vs Semen Padang ini ada pemain namanya Kar Marx, terus suporter bawa-bawa bendera sama atribut anarko sindicalism."

"Kalau sampai chant-nya genjer-genjer, wah sudah ini mah fix propaganda," tulis salah satu akun Twitter berseloroh.

Karl Marx sendiri bermain cukup apik pada laga itu dengan merepotkan pertahanan PSS meski tak mampu melesakkan gol. (bac/bac)