6 Catatan Penting Valencia Juara Copa del Rey Tekuk Barcelona

CNN Indonesia | Minggu, 26/05/2019 07:31 WIB
6 Catatan Penting Valencia Juara Copa del Rey Tekuk Barcelona Valencia juara Copa del Rey usai mengalahkan Barcelona 2-1 di laga final. (REUTERS/Jon Nazca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak enam catatan penting terangkum mewarnai sukses Valencia meraih juara Copa del Rey musim ini.

Los Ches sukses merengkuh trofi usai mengalahkan Barcelona 2-1 pada laga final di Stadion Benito Villamarin, Sabtu (25/5) malam waktu setempat.

Gol-gol kemenangan Valencia juara Copa del Rey dicetak oleh Kevin Gameiro pada menit 22 dan Rodrigo Moreno pada menit 34. Satu-satunya gol Blaugrana pada laga itu dicetak Lionel Messi.


Kegagalan Barcelona meraih juara Copa del Rey membuat klub itu hanya mampu meraih satu gelar domestik bergengsi yakni La Liga Spanyol 2018/2019.

6 Catatan Penting Valencia Juara Copa del Rey Tekuk Barcelona
Berikut enam catatan penting Valencia juara Copa del Rey mengalahkan Barcelona di laga final seperti dikutip dari Opta.

1. Gelar juara Copa del Rey bertepatan memperingati hari jadi yang ke-100 tahun Valencia. Pesta ulang tahun mereka semakin lengkap dengan memboyong trofi.

2. Pelatih Valencia, Marcelino Garcia Toral, untuk kali pertama memimpin tim menang atas Barcelona di seluruh kompetisi sepanjang karier kepelatihannya setelah 21 pertandingan.

3. Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah Copa del Rey yang selalu mencetak gol dalam enam laga final turnamen itu.

6 Catatan Penting Valencia Juara Copa del Rey Tekuk BarcelonaCatatan apik Lionel Messi meski Barcelona gagal juara Copa del Rey. (REUTERS/Jon Nazca)
4. Barcelona kebobolan dua gol di babak pertama pada final Copa del Rey mengulangi peristiwa pada 1952. Kebetulan saat itu Valencia menjadi lawan di final, namun Barca menang 4-2.

5. Valencia harus menunggu 11 tahun lamanya untuk kembali meraih gelar juara Copa del Rey. Mereka pernah juara pada 2007/2008 saat masih ditangani Ronald Koeman. Mengalahkan Barcelona di semifinal, mereka juga menekuk Getafe di final.

6. Barcelona menjadi tim pertama dalam sejarah Copa del Rey yang bermain di final enam kali beruntun. (bac/bac)