PB ISSI Janji Sumbang Emas SEA Games 2019

CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 00:30 WIB
PB ISSI Janji Sumbang Emas SEA Games 2019 Pebalap sepeda Indonesia dibebankan target meraih emas di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/INASGOC/Aji Wisnu Novianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) berjanji meneruskan tradisi menyumbangkan medali emas buat kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Manila, Filipina, 30 November sampai 11 Desember mendatang.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengungkapkan hanya akan menampilkan atlet pelapis pada SEA Games 2019 karena lebih fokus kepada persiapan Olimpiade 2020.

"Di November 2019 ada SEA Games, kita sepakat untuk persiapkan lapis kedua kita ke Filipina. Jangan salah, lapis kedua kita juga peluang mendapat medali emas. Minimal kami akan sumbangkan satu medali emas," tutur Okto, Senin (27/5).


PB ISSI Janji Sumbang Emas SEA Games 2019Crismonita Dwi Putri menjadi salah satu andalan Indonesia di lintasan balap sepeda. (ANTARA FOTO/INASGOC/Eka Nickmatulhuda)
Atlet utama direncanakan bakal fokus mengikuti kejuaraan yang jadi ajang kualifikasi sekaligus pengumpulan poin menuju Olimpiade 2020.

"Atlet yang kita kirim juga waktunya tidak tabrakan antara kualfiikasi Olimpiade dan SEA Games. Kalau bertabrakan dengan pengumpulan poin ke Olimpiade, itu yang kita prioritaskan," imbuhnya.

PB ISSI Janji Sumbang Emas SEA Games 2019
Pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, PB ISSI menyumbangkan dua medali emas, dua medali perak, dan tujuh medali perunggu. Selain itu, tercipta tiga pemecahan rekor di level SEA Games bagi pesepeda Indonesia dari nomor 1000 meter putra, 500 meter putri, individual pursuit putra.

Okto menegaskan SEA Games 2019 bukan menjadi ajang antara menuju Olimpiade 2020. Waktu pengumpulan poin menuju Olimpiade 2020 disebut Okto terbatas, terutama untuk nomor BMX, track dan road race yang menjadi potensi bagi pebalap Indonesia untuk lolos.

"Bicara potensi itu dari BMX, Road dan Track tapi kami akan coba terus di nomor lain. Sekali lagi, ikut satu saja [ke Olimpiade] adalah tantangan luar biasa. BMX pertama tampil di Olimpiade Rio [2016]," tutupnya. (ttf/bac)