Statistik Buruk Marc Marquez di MotoGP Italia

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 06:54 WIB
Statistik Buruk Marc Marquez di MotoGP Italia Marc Marquez baru sekali juara di MotoGP Italia. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia MotoGP Marc Marquez menghadapi catatan statistik yang kurang apik jelang balapan MotoGP Italia 2019 yang akan berlangsung di Sirkuit Mugello, Minggu (2/6).

Sejak menjadi pebalap MotoGP pada 2013, Marquez baru sekali menjadi juara di MotoGP Italia. Selain keberhasilan 2014, pebalap termuda yang berhasil mengemas lima gelar juara dunia itu tidak pernah lagi tampil sebagai kampiun.

Menghadapi fakta statistik tersebut, Marquez mengaku kesulitan bersaing di Mugello namun tetap menyukai karakter sirkuit yang dibangun pada 1920 tersebut.


Statistik Buruk Marc Marquez di MotoGP ItaliaMarc Marquez sudah meraih tiga gelar juara seri pada musim 2019. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
"Kami kesulitan dengan trek Mugello. Tahun lalu kami tertinggal tidak terlalu jauh. Kami bisa bersaing, tetapi saya melakukan kesalahan. Kami mengalami masalah ban depan yang begitu menyulitkan. Kami harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi tahun ini," kata Marquez dikutip dari Speedweek.

Pada musim lalu Marquez finis di urutan ke-16, sementara pada 2017 hanya menempati peringkat keenam. Sebelumnya pada 2016, Marquez menjadi runner up dan pada 2015 gagal finis serupa dengan hasil pada 2013.

Statistik Buruk Marc Marquez di MotoGP Italia
"Ini adalah trek di mana saya tidak pernah mendapat hasil terbaik, tetapi saya menyukainya. Itu adalah hal yang paling penting," jelas Marquez.

Catatan Marquez di MotoGP Italia tertinggal jauh dibanding dua pebalap MotoGP lainnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Lorenzo yang sedang mengalami masa-masa sulit di Honda pada awal musim ini sudah enam kali menjadi juara MotoGP Italia. Sementara Rossi merupakan pebalap terbanyak yang pernah menjadi juara di MotoGP Italia dengan tujuh gelar beruntun pada musim balap 2002 hingga 2008.

Sementara salah satu pebalap yang turut mewarnai persaingan papan atas sejak dua tahun lalu, Andrea Dovizioso, tercatat baru sekali menang di MotoGP Italia yakni pada 2017. (nva/jun)