Prediksi Final Liga Europa Chelsea vs Arsenal

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 08:30 WIB
Final Liga Europa menampilkan Derbi London antara Chelsea melawan Arsenal di Stadion Olympic Baku, Kamis (30/5) dini hari WIB. Trofi Liga Europa sama-sama penting bagi Chelsea dan Arsenal. (REUTERS/Hannah Mckay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Final Liga Europa menampilkan Derbi London antara Chelsea melawan Arsenal di Stadion Olympic Baku, Rabu (29/5) waktu setempat. Berikut prediksi Chelsea vs Arsenal di final Liga Europa.

Laga Chelsea menghadapi Arsenal merupakan pertemuan kedua bagi dua klub Inggris di final Liga Europa yang dahulunya bernama Piala UEFA. Sebelumnya ada Tottenham Hotspur melawan Wolverhampton Wanderers.

Pertandingan ini krusial untuk kedua tim, karena menjadi satu-satunya kesempatan bagi Arsenal dan Chelsea untuk meraih trofi di musim ini. Selain itu The Gunners juga memiliki motivasi lebih dalam memburu trofi Liga Europa.


Dengan mengalahkan Chelsea di laga puncak ini, Arsenal secara otomatis akan mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan. Sementara bagi Chelsea, hasil apa pun tidak akan berpengaruh karena The Blues menempati posisi ketiga klasemen akhir Liga Primer Inggris.

Arsenal dan Chelsea juga sama-sama diliputi persoalan non-teknis. Baru-baru ini beberapa pemain tim asuhan Maurizio Sarri terlibat keributan dalam sesi latihan yang bisa menganggu konsentrasi mereka di final nanti.

Arsenal bertekad meraih tiket Liga Champions lewat gelar juara Liga Europa.Arsenal bertekad meraih tiket Liga Champions lewat gelar juara Liga Europa. (Action Images via Reuters/Andrew Boyers)
Sedangkan Arsenal tidak bisa membawa gelandang Henrikh Mkhitaryan ke Azerbaijan, karena persoalan politik di negara tersebut dengan Armenia negara asal Mkhitaryan.

Berikut prediksi laga Chelsea vs Arsenal di final Liga Europa versi tim olahraga CNNIndonesia.com:

Faktor Mental Jadi Penentu (Surya Sumirat)

Duel Chelsea vs Arsenal tampaknya akan berjalan seimbang. Kedua tim memiliki persiapan dan komposisi tim yang merata.

Akan tetapi, Arsenal memiliki tekad yang lebih besar untuk memenangi final ini karena berhasrat meraih tiket ke Liga Champions.

Luis (kanan) dan Higuain sempat terlibat keributan di latihan Chelsea.Luis (kanan) dan Higuain sempat terlibat keributan di latihan Chelsea. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Di luar persiapan dan kekuatan yang seimbang, kedua tim juga tengah menghadapi persoalan internal. Chelsea masih diterpa rumor hengkangnya Eden Hazard dan manajer Maurizio Sarri, sementara Arsenal punya persoalan absennya Henrikh Mkhitarnya karena faktor keamanan di Azerbaijan.

Melihat kondisi di atas, saya memprediksi faktor mental kedua tim akan jadi penentu pertandingan nanti. Namun, tampaknya Chelse lebih siap memenangi laga ini dengan skor 2-1.

Arsenal Menang di Final Tanpa Kekuatan Terbaik (Nova Arifianto)

Prediksi Chelsea vs Arsenal di Liga Europa tidak lepas dari ketidakhadiran beberapa pemain penting dari kedua kubu. Chelsea tanpa N'Golo Kante, Callum Hudson-Odoi, dan Ruben Loftus-Cheek, sementara Arsenal tidak diperkuat Henrikh Mkhitaryan dan Aaron Ramsey.

Arsenal tanpa Henrikh Mkhitaryan di laga final.Arsenal tanpa Henrikh Mkhitaryan di laga final. (Action Images via Reuters/Andrew Boyers)
Tanpa kekuatan 100 persen, laga akan berlangsung sengit dan ketat. Sarriball di Chelsea dan taktik ala Unai Emery di Arsenal akan ditentukan kesiapan para pemain di lapangan beradaptasi dengan momen final yang hanya berlangsung singkat.

Sempat goyah di awal fase gugur, Arsenal tampak sudah lebih mantap menghadapi Chelsea dalam partai final. Skor 3-2 untuk Arsenal dengan gol penentu di babak tambahan.

Arsenal Juara Liga Europa (Jun Mahares)

Chelsea boleh saja finis lebih baik dari Arsenal di Liga Primer Inggris. The Blues masuk dalam zona Liga Champions usai menempati posisi ketiga sementara Arsenal menghuni peringkat kelima di daftar klasemen akhir.

Namun, Arsenal punya motivasi berlipat ganda untuk menjuarai Liga Europa. Sebab, The Gunners berhak bermain di Liga Champions musim depan jika mampu meraih gelar juara Liga Europa.

Kehadiran Unai Emery di kursi manajer Arsenal yang sudah merasakan tiga gelar juara Liga Europa bisa jadi amunisi untuk mengalahkan Chelsea. Terlebih Meriam London memiliki duet mematikan dalam diri Pierre Emerick Aubameyang.

Prediksi Final Liga Europa Chelsea vs Arsenal
Saya prediksi Arsenal mampu mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1 di Azerbaijan.

Gelar Perpisahan Sarri (Haryanto Tri Wibowo)

Dirundung banyak masalah jelang final, termasuk konflik internal pemain tidak membuat Chelsea tidak layak difavoritkan menang atas Arsenal di laga final Liga Europa 2019. Selama masih ada Eden Hazard dalam skuat, The Blues selalu layak difavoritkan.

Sebagai laga perpisahan, setelah dikabarkan akan ke Juventus, Maurizio Sarri harus menampilkan permainan ekstra menyerang. Yang perlu dipikirkan Sarri tinggal memilih Gonzalo Higuain atau Olivier Giroud di lini depan.

Chelsea saya prediksi akan menjadi pemenang dengan skor 3-1 atas Arsenal. (sry/sry)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK