Kostum Baru Barcelona Disindir Timnas Kroasia

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 10:45 WIB
Kostum Baru Barcelona Disindir Timnas Kroasia HNS menyindir kostum baru Barcelona yang mirip dengan timnas Kroasia. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kostum baru Barcelona untuk musim 2019/2020 disindir pihak Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) karena memiliki desain kotak-kotak yang mirip dengan kostum timnas Kroasia.

Barcelona mengubah tradisi yang sudah bertahan 119 tahun pada desain kostum baru. Jika dalam 119 tahun terakhir Barcelona menggunakan desain garis-garis, terutama vertikal, untuk musim depan kostum baru Azulgrana menggunakan desain kotak-kotak.

HNS menyindir Barcelona karena dianggap meniru desain kostum timnas Kroasia yang identik dengan kotak-kotak. Sindiran itu diungkapkan HNS melalui akun Twitter resmi mereka.


"Usaha yang bagus, Barcelona. Tapi, kalian tidak bisa mengalahkan kotak-kotak merah dan putih," tulis HNS dikutip dari Marca.


Sindiran HNS untuk Barcelona tidak berhenti di situ. HNS kemudian mencuit kalau kostum baru Barcelona akan disukai gelandang Ivan Rakitic, pemain timnas Kroasia yang bermain di Camp Nou sejak 2014.


"Ya, kami yakin kalau Ivan Rakitic pasti akan menikmati kostum baru Barcelona," tulis HNS.

Barcelona selalu menggunakan desain garis-garis, terutama vertikal, sejak dibentuk pada 1899. Hanya pada musim 2015/2016 Barcelona berubah ke desain garis horizontal untuk kostum utama.

Kostum Baru Barcelona Disindir Timnas Kroasia
Pihak klub menyatakan kostum baru Barcelona terinspirasi dari distrik Eixample, salah satu wilayah di kota tersebut yang identik dengan desain kotak-kotak. Wilayah Eixample dirancang oleh arsitek hebat asal Catalonia Antoni Gaudi.

Perubahan signifikan lain dalam kostum baru Barcelona adalah penempatan bendera Catalonia. Jika biasanya bendera Catalonia terletak di kerah bagian belakang, kali ini bendera ditempatkan di bagian depan dengan bentuk 'V'. (har/har)