Luka Jovic, Penyerang Termahal Ketiga di Madrid

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 21:11 WIB
Luka Jovic, Penyerang Termahal Ketiga di Madrid Luka Jovic masuk dalam deretan pembelian termahal Real Madrid. (REUTERS/Hannah Mckay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Real Madrid telah merampungkan perekrutan striker Eintracht Frankfurt, Luka Jovic, pada Selasa (4/6) waktu setempat.

Madrid dilaporkan mengeluarkan dana €65 juta atau setara Rp1 triliun untuk memboyong Jovic ke Santiago Bernabeu. Dilansir Daily Mail, nilai transfer itu menjadikannya penyerang termahal ketiga di Madrid.

Status striker termahal Madrid masih dipegang Cristiano Ronaldo yang direkrut dengan transfer €94 juta dari Manchester United tahun 2009. Di posisi berikutnya ada Bale yang didatangkan dengan dana €91 juta dari Tottenham Hotspur pada 2013.


Jovic dikontrak selama enam tahun hingga 30 Juni 2025. Dalam waktu dekat, striker asal Serbia itu akan diperkenalkan secara resmi oleh pihak Madrid.

Luka Jovic, Pembelian Termahal Ketiga di MadridLuka Jovic mendapatkan kontrak selama enam tahun di Real Madrid. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
"Real Madrid dan Eintracht Frankfurt telah menyepakati transfer Luka Jovic. Pemain akan dikontrak selama enam musim ke depan, hingga 30 Juni 2025," bunyi pernyataan resmi Madrid.

Di situs resmi, Madrid mendefinisikan Jovic sebagai striker komplet dan berpengalaman meski baru 21 tahun.

"Bertenaga, pesepak bola yang berteknik, dan punya penyelesaian akhir bagus. Dia punya dua kaki yang sama baiknya," tulis Madrid di situs resmi klub.

Luka Jovic, Pembelian Termahal Ketiga di MadridLuka Jovic berhasil mencetak 27 gol di semua ajang musim ini. (AP Photo/Martin Meissner)
"Meski masih muda, dia berpengalaman tampil di level top Eropa, seperti yang ditunjukkan di Liga Europa musim lalu."

Jovic berhasil mencetak 17 gol dari 32 laga di Bundesliga musim lalu. Sementara di pentas Eropa, ia menjaringkan 10 gol dari 14 laga dan membawa Eintracht lolos hingga babak semifinal.

Luka Jovic, Pembelian Termahal Ketiga di Madrid
Jovic memulai karier profesional bersama Red Star Belgrade tahun 2014 sebelum bergabung di klub Portugal, Benfica. Jovic kemudian pindah ke Eintracht dengan skema pinjaman, sebelum dipermanenkan pada 17 April 2019.

Produktivitas Jovic mengalami peningkatan drastis selama dua musim di Eintracht. Setelah mencetak sembilan gol di musim pertama, ia menjaringkan 27 gol musim ini di semua kompetisi.

"Luka Jovic jadi sebuah kehilangan besar buat kami. Eksplosivitas dan kemampuan mencetak golnya telah membuat seluruh Eropa terkesan dan kami dapat untung bukan hanya dari golnya dalam dua tahun terakhir," kata Fredi Bobic, Direktur Olahraga Eintracht.

Kedatangan Jovic bakal membuat persaingan di posisi targetman Madrid memanas. Karim Benzema tidak akan lagi otomatis menghuni satu tempat di lini depan dalam formasi 4-3-3 racikan Zinedine Zidane. (jal/jal)