Belanda Gulung Inggris 3-1 di Nations League

CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 05:40 WIB
Belanda Gulung Inggris 3-1 di Nations League Inggris vs Belanda di Nations League (MIGUEL RIOPA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penantian Inggris untuk maju ke babak final Nations League sepertinya masih terus berlanjut. Sebab, pada babak perempat final malam ini, Inggris harus mengakui kedigdayaan Belanda yang unggul 3-1. Setelah sebelumnya, keduanya harus bermain dengan perpanjangan waktu karena kedudukan akhir imbang 1-1.

Dalam pertandingan di Guimaraes, tendangan penalti Marcus Rushford memberikan memberi The Three Lions keunggulan pada babak pertama melawan Belanda. Tetapi Matthijs de Ligt memperbaiki kesalahannya dalam memimpin tendangan penalti 17 menit jelang pertandingan usai.

Jesse Lingard mengira ia telah memenangkan pertandingan untuk Inggris di akhir pertandingan. Tapi ia harus gigit jari karena tendangannya dianulir akibat offside setelah wasit mengamati lewat VAR.


Belanda lantas mengambil keuntungan penuh dan terus menekan Inggis. Setelah drama penangguhan gol itu, Inggris berkali-kali melakukan kesalahan konyol. Dua gol terakhir merupakan hasil kesalahan konyol John Stones dan Ross Berkley pada waktu tambahan.

Tendangan ke arah gawang sendiri dilakukan oleh Kyle Walker ditambah tendangan yang berbuah gol dari Quincy Promes, akhirnya menyumbang kemenangan bagi Belanda.

Pasukan Gareth Southgate berusaha untuk membangun keberhasilan mencapai semifinal Piala Dunia pertama selama 28 tahun. Tetapi Inggris sebagian besar tidak mampu menunjukkan banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan jika mereka ingin mengakhiri kekeringan trofi mereka di kandang musim panas mendatang di Euro 2020.

Belanda bahkan gagal lolos ke dua turnamen besar terakhir. Namun, talenta muda pasukan itu telah membuat perubahan dramatis dalam peruntungan mereka di panggung internasional. Hal ini terlihat dengan peran Frenkie de Jong yang menonjol di lini tengah. (AFP/eks)