FOTO: Drama 3 Blunder dan VAR di Belanda vs Inggris

REUTERS, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 11:26 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Belanda mengalahkan Inggris 3-1 pada semifinal UEFA Nations League 2019 yang diwarnai tiga blunder dan VAR.

Belanda vs Inggris pada semifinal UEFA Nations League 2019 digelar di Stadion D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Kamis (6/6) malam waktu setempat. (Reuters/Carl Recine)
Penyerang Manchester City Raheem Sterling dipercaya menjadi kapten timnas Inggris di pertandingan ke-50 bersama The Three Lions. (Reuters/Carl Recine)
Pada menit ke-30 bek Belanda Matthijs de Ligt melakukan blunder setelah kehilangan kontrol bola dan kemudian menjatuhkan Marcus Rashford di dalam kotak penalti. (REUTERS/Susana Vera)
Penyerang Inggris Marcus Rashford (kiri) merayakan penalti ke gawang Belanda bersama Jadon Sancho dan Ross Barkley. 1-0 untuk Inggris. (REUTERS/Susana Vera)
Setelah melakukan blunder Matthijs de Ligt membayar kesalahan dengan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-73 setelah menyambut umpan sepak pojok. (REUTERS/Susana Vera)
Bek timnas Belanda Matthijs de Ligt merayakan gol ke gawang Inggris. (REUTERS/Rafael Marchante)
Timnas Inggris sebenarnya mampu membobol gawang Belanda pada menit ke-83 melalui Jesse Lingard. Tapi, gol tersebut dianulir wasit Clement Turpin asal Prancis setelah menggunakan VAR.  (Reuters/Carl Recine)
Layar televisi di Stadion D. Afonso Henriques menunjukkan keputusan VAR yang tidak mengesahkan gol Jesse Lingard karena dalam posisi offside. (REUTERS/Rafael Marchante)
Skor imbang 1-1 membuat babak tambahan harus dijalani. Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman terlihat memberikan motivasi kepada para pemain sebelum babak tambahan digelar. (REUTERS/Susana Vera)
Pada menit ke-97 bek Inggris John Stones melakukan blunder setelah bola yang dikuasainya direbut Memphis Depay. Jordan Pickford sempat melakukan blok gemilang, tapi bola rebound berhasil dimanfaatkan Quincy Promes hingga Kyle Walker melakukan gol bunuh diri. (Reuters/Carl Recine)
Manajer timnas Inggris Gareth Southgate memberikan motivasi kepada John Stones setelah melakukan blunder yang berujung pada gol kedua Belanda. (Reuters/Carl Recine)
Blunder ketiga terjadi pada menit ke-114 setelah Ross Barkley salah melakukan backpass. Bola justru mengarah ke Memphis Depay yang kemudian memberikan assist kepada Quincy Promes untuk mencetak gol ketiga Belanda. (REUTERS/Susana Vera)
Dua kapten Harry Kane dan Virgil van Dijk bersalaman usai laga. Kane untuk kali kedua dalam satu pekan terakhir dikalahkan Van Dijk setelah akhir pekan lalu Tottenham Hotspur dikalahkan Liverpool pada final Liga Champions 2019. (REUTERS/Susana Vera)
Para pemain timnas Belanda merayakan sukses ke final UEFA Nations League 2019. Belanda akan menghadapi tuan rumah Portugal pada final di Stadion Dragao, Minggu (9/6). (REUTERS/Rafael Marchante)