Gagal ke Final Prancis Terbuka, Djokovic Ribut dengan Wasit

CNN Indonesia | Minggu, 09/06/2019 01:21 WIB
Gagal ke Final Prancis Terbuka, Djokovic Ribut dengan Wasit Novak Djokovic gagal ke final Prancis Terbuka. (REUTERS/Vincent Kessler)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara grand slam 15 kali Novak Djokovic berdebat dengan wasit di laga semifinal Prancis Terbuka Roland Garros 2019, Sabtu (8/6).

Di Prancis Terbuka Djokovic membidik gelar juara grand slam kedua di tahun ini setelah memenangi Australia Terbuka.

Untuk bisa menjuarai Prancis Terbuka, petenis asal Serbia itu lebih dulu harus melewati adangan petenis Austria, Dominic Thiem, yang menjadi unggulan keempat.


Di semifinal Djokovic mendapat perlawanan berat dari Thiem. Petenis yang akrab disapa Noel itu sempat tertinggal 1-2.

Usai kalah 5-7 di set ketiga, Djokovic terlihat ribut dengan wasit Jaume Campistol. Hal itu terjadi lantaran Campistol meminta Djokovic tidak membuang waktu dan segera melakukan servis.

Dominic Thiem hadapi Rafael Nadal di final Prancis Terbuka.Dominic Thiem hadapi Rafael Nadal di final Prancis Terbuka. (REUTERS/Charles Platiau)
Sementara, Djokovic menilai Campistol seharusnya memberikan lebih banyak waktu kepada petenis 32 tahun itu mengingat pertandingan panjang yang dilakukan kedua petenis.

"Bisa Anda katakan kepada saya, kenapa Anda tetap menyebut skor satu detik setelah poin selesai?" ujar Djokovic dikutip dari Express.

Wasit Campistol memberikan jawaban, bahwa yang dilakukannya telah sesuai prosedur. Tidak berhenti sampai di situ, Djokovic kembali menanyakan kepada Campistol mengenai pengalamannya menjadi petenis.

Gagal ke Final Prancis Terbuka, Djokovic Ribut dengan Wasit
"Anda pernah bermain tenis kan? Jadi Anda tahu bagaimana situasi ini, 5-6 poin yang panjang, penonton masih bertepuk tangan. Anda tahu yang sebenarnya," tutur Djokovic.

Sementara itu, juara dua kali Prancis Terbuka Jim Courier menilai kebanyakan wasit akan meminta pemain untuk kembali bermain setelah penonton selesai bertepuk tangan.

"Saya bukan wasit. Saya tidak tahu seperti apa aturan dan regulasinya. Bisa jadi ada pertimbangan tersendiri bagi wasit untuk langsung menyebut skor," ucap Courier.

Pertarungan Djokovic melawan Thiem sendiri sejatinya digelar pada Jumat (7/6). Namun, karena cuaca buruk laga dihentikan usai gim keempat di set ketiga. Meski ada waktu untuk melanjutkan laga di hari Jumat, pihak yang berwenang tetap membatalkannya dan melanjutkan di hari Sabtu.

Pada hari Sabtu, pertarungan kembali terhenti selama lebih satu jam akibat hujan deras. Djokovic akhirnya harus mengakui kemenangan Thiem dengan skor 2-6, 6-3, 5-7, 7-5, 5-7. Di babak final, Thiem akan menghadapi unggulan kedua, Rafael Nadal.
(sry/sry)