Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020

CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 04:50 WIB
Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020 Robert Lewandowski bawa Polandia bertahan di puncak klasemen Grup G. (REUTERS/Kacper Pempel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak banyak perubahan yang terjadi di klasemen grup Kualifikasi Piala Eropa 2020. Tim-tim yang berada di papan atas tetap mempertahankan posisinya usai laga hari Selasa (11/6) dini hari WIB.

Salah satunya timnas Spanyol yang kini mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan. Kemenangan 3-0 Spanyol atas Swedia di Santiago Bernabeu membuat jarak kedua tim menjadi empat angka. Spanyol untuk sementara berada di posisi teratas Grup F. Rumania, Norwegia, Malta, dan Kepulauan Faroe secara berurutan berada di belakang Spanyol serta Swedia.

Nilai sempurna juga dimiliki Polandia yang menyapu bersih empat laga dengan kemenangan usai mengalahkan Israel 4-0 di laga Grup G. Meski kalah, Israel tetap berada di bawah Polandia disusul Austria, Sloenia, Makedonia Utara, dan Latvia.


Turki yang mengalahkan Prancis 3-0 di laga ketiga juga belum tersentuh kekalahan di Grup H. Di bawah Turki dan Prancis ada Islandia, Albania, Moldova, serta Andora.

Di Grup I, Belgia yang memiliki 9 poin dari tiga pertandingan masih terlalu kuat untuk lawan-lawannya. Sementara, Rusia dan Skotlandia membuntuti di posisi kedua serta ketiga, diikuti Siprus, Kazakstan, dan San Marino.

Timnas Italia kini jadi salah satu tim kuat di Grup J.Timnas Italia kini jadi salah satu tim kuat di Grup J. (REUTERS/Costas Baltas)
Persaingan untuk mencari pendamping Italia yang kini menjadi pemuncak klasemen bisa terjadi di Grup J. Italia yang juga memiliki 9 poin dari tiga pertandingan diikuti Finlandia, Yunani, Bosnia dan Herzegovina, Armenia, serta Liechtenstein.

Timnas Inggris yang baru saja menjadi peringkat ketiga UEFA Nations League tetap di puncak klasemen Grup A dengan 6 poin dari dua pertandingan. Disusul Republik Ceko, Kosovo, Montenegro, dan Bulgaria.

Portugal masih berada di posisi keempat klasemen Grup B.Portugal masih berada di posisi keempat klasemen Grup B. (Reuters/Carl Recine)
Puncak klasemen Grup B menjadi milik Ukraina yang mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan. Sedangkan juara UEFA Nations League Portugal justru menempati posisi keempat dengan 4 poin dari tiga pertandingan.

Portugal kalah bersaing dengan Luksemburg yang juga memiliki 4 poin dari empat pertandingan, namun unggul selisih gol. Portugal hanya unggul satu poin atas Lithuania yang menjadi juru kunci.

Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Eropa 2020
Dua tim besar Eropa lainnya, Jerman dan Belanda juga tidak berada di posisi terbaiknya di Grup C. Raksasa-raksasa Eropa itu menempati peringkat kedua dan ketiga klasemen, kalah bersaing dari Irlandia Utara yang mengoleksi 9 poin dari tiga pertandingan.

Republik Irlandia masih berada di posisi puncak Grup D dengan 10 poin dari empat pertandingan. Disusul Denmark, Swiss, Georgia, dan Gibraltar.

Puncak klasemen Grup E untuk sementara menjadi milik Hungaria. Meski sama-sama mengoleksi 6 poin, namun Hungaria unggul head to head usai menang 2-1 atas Kroasia. Wales, Slovakia, dan Azerbaijan berada di belakang Hungaria dan Kroasia. (sry)