Warriors Menang Dramatis di Markas Raptors

CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 10:46 WIB
Warriors Menang Dramatis di Markas Raptors Toronto Raptors gagal mengunci gelar juara di gim kelima final NBA. (REUTERS/John E. Sokolowski-USA TODAY Sports
Jakarta, CNN Indonesia -- Golden State Warriors menang dramatis atas Toronto Raptors dengan skor 106-105 pada gim kelima final NBA di Scotiabank Arena, Selasa (11/6) WIB.

Warriors memastikan kemenangan dengan cara dramatis lantaran mereka bisa meraih kemenangan lewat dua tembakan three point di pengujung pertandingan. Sebelumnya, Warriors sempat membuang keunggulan 14 poin yang mereka ciptakan di pertengahan kuarter ketiga.

Stephen Curry mencetak 31 poin disusul Klay Thompson yang menorehkan 26 poin.


Di awal laga, Kevin Durant yang kembali turun di laga kelima final NBA memberikan suntikan kekuatan besar bagi Warriors.

Kombinasi Durant dan Stephen Curry membuat defense Raptors kesulitan membendung alur serangan Warriors. Kuarter pertama akhirnya berakhir dengan skor 34-28 untuk keunggulan Warriors dengan 25 poin disumbangkan oleh duet Curry-Durant.

Ketika kuarter kedua berjalan tiga menit, Durant terduduk di lantai dan akhirnya harus keluar lapangan lantaran cederanya kambuh.

Stephen Curry menjadi pencetak poin terbanyak bagi Golden State Warriors di gim kelima.Stephen Curry menjadi pencetak poin terbanyak bagi Golden State Warriors di gim kelima. (REUTERS/Kyle Terada-USA TODAY Sports)
Meski tanpa Durant, Klay Thompson dan kawan-kawan justru sempat berhasil menciptakan selisih 11 angka atas Raptors, 54-43 saat kuarter kedua tersisa empat menit.

Namun defense Raptors yang lebih rapat kemudian menyulitkan Warriors. Warriors mendapatkan sejumlah poin lewat skema fast break. Raptors sempat mendekat dengan selisih satu angka, 56-57 namun kemudian Warriors mendapat lima angka lewat three point Curry dan lay up Kevon Looney. Warriors unggul tiga bola, 62-56 di akhir paruh pertama.

Memasuki kuarter ketiga, Warriors masih berhasil menjaga keunggulan. Bahkan Warriors memimpin 14 poin, 77-63 ketika kuarter ketiga sisa enam menit.

Namun ritme bagus itu tidak bisa dipertahankan oleh Warriors hingga pengujung kuarter ketiga. Serge Ibaka dan kawan-kawan sukses memangkas selisih poin yang lebih dari dua digit. Jarak keunggulan Warriors di akhir kuarter ketiga tetap enam angka seperti kuarter sebelumnya, 84-78.

Memasuki kuarter keempat, Kawhi Leonard dan kawan-kawan berusaha keras untuk secepatnya memangkas poin. Lay up Kawhi membuat Raptors hanya berjarak setengah bola, 91-92.

Di saat terdesak, Draymond Green melepaskan tembakan tiga angka yang membuat Warriors menjauh di angka 95-91.

Slam dunk Norman Powell kemudian kembali memperkecil selisih poin menjadi 95-93. Situasi ini memaksa Warriors mengambil time out.

Golden State Warriors memperkecil kedudukan menjadi 2-3.Golden State Warriors memperkecil kedudukan menjadi 2-3. (REUTERS/Kyle Terada-USA TODAY Sports)
Namun setelah time out justru menjadi panggung Kawhi Leonard. Kawhi Leonard mencetak 10 poin beruntun untuk membawa Raptors berbalik memimpin 103-97.

Warriors lalu memperkecil selisih poin menjadi 100-103 lewat tembakan tiga angka Klay Thompson.

Kontroversi kemudian terjadi ketika DeMarcus Cousins mencetak angka untuk Warriors namun dianggap melakukan goal tending.

Meski kecewa dengan keputusan tersebut, Warriors ternyata bisa merespons situasi dengan baik. Dua tembakan tiga angka dari Curry dan Thompson membuat Warriors berbalik unggul 106-103 dengan sisa 57 detik.

Raptors berusaha keras untuk mengejar di sisa waktu yang ada namun upaya mereka gagal dan hanya mendapat dua poin tambahan. Raptors pun gagal mengunci gelar juara di gim kelima. Warriors memperkecil skor menjadi 2-3 berkat kemenangan ini dan bakal jadi tuan rumah gim keenam. (ptr/ptr)