Pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 Diminati Klub Eropa

CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 21:20 WIB
Pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 Diminati Klub Eropa Witan Sulaiman mendapat tempat di Timnas Indonesia U-19 dan U-23. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Witan Sulaiman dan Hambali Tholib yang menjadi penghuni Timnas Indonesia U-23 di Merlion Cup 2019 lalu menarik minat klub-klub Eropa.

Witan yang sudah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan belum tergabung dengan klub lokal.
Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga yang juga merupakan bapak asuh bagi atlet asal Pusat Pendudukan dan Latihan Pelajar (PPLP) Raden Isnanta mengonfirmasi ketertarikan berbagai klub, termasuk kesebelasan luar negeri.

"[Witan dilirik Persija] yang ngelamar [untuk Witan Sulaeman] banyak, Persebaya juga ngelamar," kata Isnanta.

Isnanta menyebut Witan lebih memilih untuk menyusul seniornya di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, Egy Maulana Vikri ke Eropa. Keinginan Witan itu disebut Isnanta sesuai dengan harapan dan orientasi dari Kemenpora.
Pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 Diminati Klub EropaWitan Sulaiman memperkuat Timnas Indonesia di level kelompok umur. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
"Yang jelas orientasi ke sana [Eropa], tapi saya belum bisa bilang pasti ya. Saya harus komunikasi lagi untuk tindak lanjutnya. Maunya ke Eropa, bukan Lechia Gdansk tapi genk-nya Lechia, [klub] Portugal. Ada dua atau tiga klub Eropa yang mau sama Witan," jelas Isnanta.

Isnanta menegaskan mewujudkan keinginan Wita ke Eropa bukan lantaran meremehkan kompetisi lokal. Tapi Isnanta berharap supaya para pemain muda bisa belajar di negara bola dunia di Eropa.
Pemain-pemain Timnas Indonesia U-23 Diminati Klub Eropa
"Jadi kita prioritaskan ke Eropa. Nanti dia [Witan] pulang ke sini [Indonesia] dengan standar Eropa. Orientasinya ke timnas, kalau punya pemain dengan pengalaman Eropa kan memolesnya gampang," tandasnya.

Sementara Hambali yang merupakan alumni SKO Ragunan juga mengaku mendapat tawaran untuk melakukan uji coba di Norwegia. Namun pemain Persela Lamongan itu tak bisa memastikan keberangkatan memenuhi undangan tersebut.
"Saya belum bisa bicara soal itu. Alhamdulillah ada tawaran, lihat saja nanti [klubnya]," kata Hambali.

Berbeda dengan Witan yang sudah memiliki pengalaman di Timnas Indonesia kelompok umur, Hambali baru sekali merasakan atmosfer pelatnas yakni jelang mengikuti turnamen Piala Merlion 2019 pekan lalu.


(ttf/jun)