Babak I: Timnas Indonesia Tertinggal 0-2 dari Yordania

CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 20:51 WIB
Babak I: Timnas Indonesia Tertinggal 0-2 dari Yordania Evan Dimas menjadi starter dalam laga melawan Yordania. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia tertinggal 0-2 dari timnas Yordania dalam babak pertama laga uji tanding di Stadion King Abdullah, Amman, Selasa (11/6) malam WIB.

Timnas Yordania bermain dengan pressing cukup ketat untuk membatasi pergerakan Timnas Indonesia. Pada menit-menit awal, tuan rumah menguasai bola dengan mutlak.

Skuat Merah Putih yang berupaya mengambil kesempatan dalam serangan balik dengan mencuri bola, tidak mampu menguasai bola dalam waktu yang cukup lama.


Khalil Benyati memiliki peluang pada menit kelima setelah menerima umpan dari Shalif Benyada. Benyati yang menembak bola dari dalam kotak penalti di depan mulut gawang gagal mengarahkan si kulit bulat ke gawang Timnas Indonesia.

Pada menit ke-12 Dedik Setiawan yang menjadi ujung tombak melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Setelah upaya membangun serangan yang diawali pergerakan Riko Simanjuntak, tendangan Dedik mengarah ke sisi kiri gawang Yordania.

Hansamu Yama Pranata tampil menjadi salah satu dari tiga bek tengah di laga menghadapi Yordania.Hansamu Yama Pranata tampil menjadi salah satu dari tiga bek tengah di laga menghadapi Yordania. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Ketika menguasai bola, kedua kesebelasan bermain cukup sabar untuk membangun serangan dan melihat celah yang dibuat lawan.

Tim berjuluk The Chivalry kembali melepaskan ancaman, namun Andritany masih mampu menepis tembakan kencang Shaif Bada.

Pada menit ke-22, Yordania mengubah kedudukan menjadi 1-0 melalui gol Shaif Bada yang menempatkan bola ke tiang dekat dan tidak bisa diblok Andritany Ardhyasa.

Babak I: Timnas Indonesia Tertinggal 0-2 dari Yordania
Anak asuh Vital Borkelmans membuat Evan Dimas dan kawan-kawan tidak nyaman dalam menguasai bola. Dalam situasi memegang bola, terlihat tidak mampu melakukan kontrol dengan baik dan tidak dapat mengalirkan bola dengan lancar.

Menit ke-28, Ahmad Jupriyanto melakukan blunder ketika gagal mengontrol bola dengan baik di kotak penalti. Namun bola kembali dapat dikuasai Andritany.

Yordania bermain cukup apik dengan kombinasi umpan yang lancar dari kaki ke kaki. Serangan dari sayap maupun dari koridor tengah.

Pada menit ke-42 pergerakan individu Ahmed Hamdoni yang menggiring bola dari sisi kiri menusuk ke pertahanan Timnas Indonesia. Setelah mengelabui Rudolof Yanto Basna, Hamdoni melepas tembakan ke sisi kiri gawang Andritany yang mengubah skor menjadi 2-0 untuk tuan rumah.

Pada menit akhir babak pertama, Ramdani Lestaluhu digantikan Andik Vermansah.

Skor keunggulan dua gol tanpa balas untuk Yordania bertahan hingga babak pertama usai.

Susunan pemain inti Timnas Indonesia:
Andritany Ardhyasa; Rudolof Yanto Basna, Ahmad Jufriyanto, Hansamu Yama Pranata; Rizky Rizaldi Pora, Evan Dimas, Rizky Pellu, Ruben Karel Sanadi; Riko Simanjuntak, Dedik Setiawan, Ramdani Lestaluhu.

Susunan pemain inti timnas Yordania:
Ahmed Samir, Khalil Benyati, Shaif Bada, Tareq Khitab, Esan Hadad, Yasab Alarab, Ferasil Baya, Moussa Sulaiman, Ahmed Hamdoni, Baha Sulaiman. (nva/jal)