Manchester United Bidik Kiper Ajax Gantikan David De Gea

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 14:53 WIB
Manchester United Bidik Kiper Ajax Gantikan David De Gea David de Gea kemungkinan pergi, Manchester United bidik kiper Ajax Amsterdam Andre Onana. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United disebut mulai membidik kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana, untuk menggantikan David de Gea jika penjaga gawang itu tinggalkan Old Trafford.

Kiper asal Spanyol tersebut menyisakan setahun kontrak di Setan Merah dan belum bersedia memperpanjang kontrak. Sejumlah klub raksasa seperti Juventus dan Paris Saint Germain (PSG) dikabarkan tertarik merekrut De Gea.

Pemain 28 tahun itu disebut-sebut bersikeras untuk pergi musim depan. Media Inggris Independet mengklaim Man United mulai dalam tekanan untuk melepas penjaga gawangnya tersebut.


De Gea pernah mengajukan kenaikan gaji di Man United jika klub itu ingin memperpanjang kontraknya. Namun, The Red Devils tak bersedia memenuhi permintaan pemainnya itu sehingga mulai mencari pengganti De Gea.

Kiper Ajax Amsterdam Andre Onana masuk dalam radar Manchester United. (Kiper Ajax Amsterdam Andre Onana masuk dalam radar Manchester United. (REUTERS/Susana Vera)
Sebelumnya, Man United diberitakan berminat untuk mendatangkan kiper Atletico Madrid Jan Oblak. Namun, klub asal Spanyol itu membanderolnya dengan harga tinggi hingga mencapai £100 juta atau setara Rp1,8 triliun.

Di sisi lain, Setan Merah enggan mendapatkan Oblak dengan harga tersebut karena dianggap terlalu mahal hanya untuk mendatangkan penjaga gawang di klub itu.

Belakangan, Man United mulai mengarahkan bidikan kepada kiper De Godenzonen, Onana, dengan nilai yang jauh lebih murah. Kiper timnas Kamerun tersebut ditaksir memiliki banderol sebesar £40 juta (Rp725 miliar) dan masih masuk dalam anggaran skuat arahan Ole Gunnar Solskjaer.

Onana memiliki catatan statistik yang cukup ciamik di Liga Eredivisie Belanda dan Liga Champions musim lalu. Dari total 33 kali menjaga gawang Ajax, dia hanya kebobolan 27 kali dan 16 kali clean sheet.

Man United Bidik Kiper Ajax Gantikan De Gea
Sedangkan di Liga Champions 2018/2019, Onana kebobolan 13 kali dan empat kali clean sheet dalam 12 kali penampilan sejak penyisihan grup hingga semifinal.

Setan Merah juga sempat masuk dalam perburuan bek Ajax, Matthijs de Ligt, bersama PSG dan Barcelona. MU pun dikabarkan mulai mundur dari persaingan.

Pasalnya, Les Parisiens dan Blaugrana menawar lebih tinggi ketimbang Man United. De Ligt kemungkinan bakal merapat ke PSG ketimbang Barcelona. (bac/nva)