Pele dan Maradona Tak Pernah Menang Copa America

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 11:33 WIB
Pele dan Maradona Tak Pernah Menang Copa America Diego Maradona selalu gagal dalam kiprahnya di Copa America. (AFP PHOTO/DANIEL GARCIA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pele dan Diego Maradona pernah menaklukkan dunia namun ternyata mereka tidak pernah bisa memenangkan Copa America.

Pele sering disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Tiga gelar Piala Dunia untuk Brasil dalam era Pele adalah bukti kuat bahwa predikat tersebut layak disandang pemain yang disebut telah mencetak 1000 gol tersebut.

Diego Maradona juga masuk dalam jajaran dewa sepak bola. Ia dianggap sebagai satu-satunya pemain yang bisa menandingi kehebatan Pele sebagai ikon sepak bola.


Gelar Piala Dunia 1986 yang diraih Argentina tidak lepas dari peran besar Maradona yang tenar dengan gol tangan tuhan miliknya.

Namun ternyata Pele dan Maradona justru tak mampu membawa negaranya menjadi yang terbaik di ajang Copa America.

Pele hanya memiliki satu kesempatan tampil di Copa America yaitu pada 1959. Dari tujuh tim yang berpartisipasi, Brasil berada di peringkat kedua dalam klasemen putaran final dengan perolehan 10 poin.

Pele dan kawan-kawan terpaut satu poin saja dari Argentina yang jadi juara. Brasil mencatat empat kali menang dan dua kali imbang, sedangkan Argentina mencatat lima kali menang dan sekali kalah.

Pele dan Maradona Tak Pernah Menang Copa AmericaPele tidak pernah memenangkan gelar Copa America. (REUTERS/Kevork Djansezian)
Brasil sendiri juga tidak bisa memenangi Copa America di era kejayaan mereka di Piala Dunia. Dalam rentang 1958-1970 saat mereka tiga kali juara Piala Dunia, tak sekalipun Tim Samba menjadi yang terbaik.

Sementara itu Maradona punya tiga kali kesempatan untuk memburu Copa America. Namun Maradona selalu gagal mengakhiri perjalanan dengan trofi di tangan.

Pele dan Maradona Tak Pernah Menang Copa America {THN}

Dalam Copa America 1979, Argentina gagal lolos Grup B. Maradona dan kawan-kawan berada di peringkat ketiga dalam klasemen dengan perolehan tiga poin, terpaut dua poin dari Brasil yang lolos ke semifinal.

Delapan tahun kemudian, Maradona kembali mencoba peruntungan dalam Copa America di Argentina. Meski diuntungkan dengan status tuan rumah plus juara Piala Dunia 1986, Argentina kembali gagal jadi juara.
Diego Maradona tidak pernah bisa membawa Argentina berjaya di Copa America.Diego Maradona tidak pernah bisa membawa Argentina berjaya di Copa America. (AFP PHOTO / STAFF)
Argentina melalui babak penyisihan grup dengan mulus. Namun mereka dikejutkan oleh Uruguay di babak semifinal. Argentina tumbang dengan skor 0-1. Albiceleste juga tak bisa mendapat hadiah hiburan berupa peringkat ketiga karena kalah 1-2 dari Kolombia.

Dua tahun berikutnya, perjalanan Maradona dan Argentina kembali berujung pahit. Dalam format final round, Argentina hanya duduk di posisi ketiga karena mencatat satu hasil imbang dan dua kekalahan. Brasil jadi juara turnamen Copa America 1989 dengan torehan tiga kemenangan dari tiga laga yang dijalani.

Nasib tragis kemudian dialami Maradona karena dalam dua edisi Copa America berikutnya, 1991 dan 1993, Argentina berhasil menjadi juara. Dalam dua kesempatan tersebut, Maradona tidak ikut ambil bagian di dalamnya. (map/jun)