Kisah Nomor Tujuh MU: Hanya 15 Gol Usai Kepergian Ronaldo

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 16:07 WIB
Kisah Nomor Tujuh MU: Hanya 15 Gol Usai Kepergian Ronaldo Produktivitas Cristiano Ronaldo saat masih berseragam Man United belum bisa disamai pemakai nomor punggung tujuh lainnya. (AFP PHOTO / STEVE PARKIN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cristiano Ronaldo sudah meninggalkan Manchester United untuk bergabung dengan Real Madrid satu dekade lalu. Namun, hingga kini The Red Devils belum menemukan pemakai nomor punggung tujuh yang sepadan.

Ronaldo saat ini sudah memenangi lima gelar Liga Champions; satu diraih bersama Man United dan empat bersama Madrid. Selama enam tahun berkostum Man United, Ronaldo berhasil mencetak 84 gol dari 196 pertandingan di Liga Prime Inggris.

Sejak kepergiannya ke Madrid, Man United sudah mendatangkan beberapa pemain baru yang meneruskan jejak Ronaldo memakai nomor punggung tujuh. Apesnya, tidak satu pun yang paling tidak bisa mendekati level CR7.


Dalam kurun waktu 10 tahun atau mulai dari musim 2009/2010 hingga musim 2018/2019 lalu, pemakai nomor punggung tujuh di Man United hanya berhasil mencetak 15 gol di Liga Primer Inggris.

Kisah Nomor Tujuh MU: Hanya 15 Gol Usai Kepergian RonaldoAngel Di Maria pemakai nomor punggung tujuh yang gagal di Manchester United. (Phil Noble/Reuters)
Michael Owen, Antonio Valencia, Angel Di Maria, Memphis Depay, dan Alexis Sanchez merupakan penerus nomor punggung tujuh di Man United setelah Ronaldo.

Owen jadi pemain pertama yang memakai nomor keramat yang pernah dipakai David Beckham hingga George Best tersebut. Hasilnya selama dua musim (2009-2011), Owen hanya mencetak lima gol dari 31 laga di Liga Primer Inggris.

Kisah Nomor Tujuh MU: Hanya 15 Gol Usai Kepergian Ronaldo
Sepeninggal Owen, nomor tersebut beralih ke Valencia. Pemain asal Ekuador itu memakai nomor tujuh di musim 2012/2013 dan hanya bisa mencetak satu gol dari 30 penampilan.

Setelah itu datang Di Maria yang didatangkan Man United dengan ekspektasi tinggi. Pemain yang didatangkan dari Real Madrid dengan transfer £59.7 juta itu hanya mencetak dua gol di Liga Primer Inggris.

Dua nama terakhir adalah Depay dan Sanchez. Depay hanya mampu menjaringkan empat gol sebelum akhirnya memutuskan hengkang ke Olympique Lyon.

Sementara Sanchez yang didatangkan dari Arsenal masih berseragam Man United hingga saat ini. Namun, winger asal Chile itu tampil mengecewakan dan sejauh ini baru mengemas tiga gol di kompetisi paling elite Inggris tersebut. (jal/nva)