Ferdinand: MU 'Tersesat' Sejak Ferguson Pergi

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 20:59 WIB
Ferdinand: MU 'Tersesat' Sejak Ferguson Pergi Manchester United masih belum bisa bangkit sepeninggal Sir Alex Ferguson. (REUTERS/Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan bek tengah Manchester United Rio Ferdinand menilai Setan Merah telah kehilangan arah sejak Sir Alex Ferguson pensiun tahun 2013.

Man United telah ditangani empat manajer berbeda sejak ditinggal Ferguson. Tim asal Manchester menghabiskan £744 juta atau kurang lebih Rp13 triliun untuk membeli 28 pemain.

Selama itu, Man United hanya mampu menempati peringkat empat besar dalam klasemen Liga Primer Inggris sebanyak dua kali.


Ferdinand meyakini Man United sedang 'tersesat' usai kepergian Ferguson dan membutuhkan filosofi sepak bola yang jelas dari tim utama sampai ke level akademi.

Ferdinand: MU 'Tersesat' Sejak Ferguson PergiSir Alex Ferguson memberikan banyak gelar untuk Manchester United. (Action Images via Reuters/John Sibley)
"Man United sedang mencari sebuah ideologi. Mereka mencoba berbagai hal sejak Ferguson pergi lewat manajer yang berbeda, dan tetap mereka masih mencari [permainan tim yang terbaik]," kata Ferdinand seperti yang dikutip dari Sky Sports.

Lebih lanjut, Ferdinand membandingkan Man United dengan Liverpool dan Manchester City. Ia berpendapat The Reds telah menemukan permainan yang tepat di bawah asuhan Juergen Klopp.

"Man City pun telah menemukan permainan yang tepat. Apakah Man United bisa seperti Liverpool dan Manchester City? Saya pikir waktu akan menjawabnya," ucap Ferdinand.

"Ada kesenjangan yang besar antara Man United dengan Man City, Liverpool, dan [Tottenham] Spurs. Mereka akan membangun tim lagi, akan merekrut pemain lagi," ucapnya menambahkan.

Ferdinand: MU 'Tersesat' Sejak Ferguson Pergi
Ferdinand yang menghabiskan 12 tahun membela MU sejak 2002 disebut sebagai salah satu kandidat untuk menangani jabatan direktur teknik. Jabatan itu dikabarkan bakal terisi sebelum musim baru dimulai.

Wakil Pimpinan Eksekutif MU, Ed Woodward, dilaporkan sedang berdiskusi mengenai posisi tersebut untuk diisi Ferdinand. Kendati begitu, Ferdinand masih belum tahu betul peran yang akan ia mainkan dalam manajemen Man United.

"Itu [peran di manajemen Man United] semua tergantung dari bentuk pekerjaannya nanti. Saya pikir perlu banyak pembicaraan untuk bekerja di sana. Jabatan itu [Direktur teknik] membutuhkan tanggung jawab dan merupakan pekerjaan yang besar," kata Fedinand yang kini berusia 40 tahun.

"Saya pikir keputusan yang diambil sebuah klub sepak bola harus merujuk kepada latar belakang seseorang di dunia sepak bola, dan pemahaman yang baik untuk membuat keputusan," katanya menambahkan. (jal/nva)