6 Rekor Fantastis Lee Chong Wei

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 14:33 WIB
6 Rekor Fantastis Lee Chong Wei Lee Chong Wei resmi pensiun dari bulutangkis. (AFP PHOTO/Justin TALLIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebulutangkis legendaris asal Malaysia, Lee Chong Wei, resmi gantung raket, Kamis (13/6). Pria berusia 36 tahun itu menyisakan sejumlah rekor fantastis dalam perjalanan kariernya di pentas internasional.

Tak ada yang memungkiri Chong Wei sebagai pebulutangkis terbaik yang pernah dimiliki Malaysia. Sebanyak 69 gelar bergengsi berhasil dikoleksi Chong Wei sejak pertama kali turun di pentas internasional pada 2002.


Berikut fakta menarik Lee Chong Wei:


1. Chong Wei mengemas 69 gelar dari total 705 kemenangan di sepanjang kariernya. Sebanyak 47 titel di antaranya diraih di Kejuaraan Superseries BWF.

2. Pria kelahiran Bagan Serai, Malaysia menjadi satu-satunya pebulutangkis yang sukses meraih tiga medali perak di Olimpiade secara beruntun, yakni pada 2008, 2012, dan 2016. Tapi, ia tak pernah meraih emas di ajang multicabang paling prestisius ini.

Lee Chong Wei tiga kali meraih medali perak di Olimpiade.Lee Chong Wei tiga kali meraih medali perak di Olimpiade. (Mohd RASFAN/AFP)
3. Mengantongi rekor juara terbanyak di ajang Malaysia Terbuka dengan torehan 12 titel di mana tujuh gelar di antaranya diraih secara beruntun.

4. Chong Wei masuk dalam daftar pebulutangkis yang sukses meraih lebih dari tiga gelar di kejuaraan All England. Ia mengoleksi empat titel yang berhasil dimenangkan pada 2010, 2011, 2014, dan 2017.

5. Chong Wei juga tercatat sebagai satu-satunya pebulutangkis yang berhasil mempertahankan ranking nomor satu dunia BWF selama delapan tahun beruntun.

6 Rekor Fantastis Lee Chong Wei

6. Selain itu, Chong Wei juga mengukir rekor sebagai pebulutangkis dengan gelar pebulutangkis terbaik dunia BWF selama total 367 pekan dan 199 minggu secara beruntun. Rekor yang sulit dilewati atlet lainnya. (jun/ptr)