Timnas Indonesia Disalip Malaysia di Peringkat FIFA

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 18:07 WIB
Timnas Indonesia Disalip Malaysia di Peringkat FIFA Peringkat Indonesia di ranking FIFA mengalami penurunan menjadi di bawah Malaysia. (Dok. Jordan Football Association)
Jakarta, CNN Indonesia -- Posisi Indonesia dalam ranking terbaru FIFA digeser oleh Malaysia berdasarkan rilis terbaru pada Jumat (14/6).

Sebelumnya Indonesia menempati ranking ke-159 dalam rilis pada 4 April 2019. Namun, posisi tersebut tidak bisa dipertahankan seiring hasil negatif timnas Indonesia dalam laga uji coba terakhir.

Tim Merah Putih takluk 1-4 saat melakoni laga uji coba internasional melawan Yordania di Stadion King Abdullah, Amman, 11 Juni lalu.


Yordania empat kali membobol gawang Andritany Ardhiyasa melalui gol yang dicetak Faisal Baha, Ahmed Ersan, Yousef Al-Rawashdeh, dan Hamza Al-Dardour. Sedangkan timnas Indonesia hanya bisa memperkecil skor lewat gol Beto Goncalves dari titik penalti.

Ranking FIFA: Indonesia Digeser MalaysiaTimnas Indonesia menelan kekalahan 1-4 dalam laga uji coba kontra Yordania. (Dok. Jordan Football Association)
Kekalahan itu membuat tren positif tim yang diarsiteki Simon McMenemy gagal berlanjut. Di laga debutnya, McMenemy mengantarkan timnas Indonesia menang 2-0 atas Myanmar.

Ketidakmampuan Indonesia bertahan di ranking ke-159 tidak lepas dari hasil bagus yang diraih timnas Malaysia. Tim arahan Tan Cheng Hoe itu dua kali mengalahkan Timor Leste di babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ranking FIFA: Indonesia Digeser Malaysia
Harimau Malaya mengalahkan Timor Leste 7-1 pada leg pertama di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 7 Juni lalu. Empat hari berselang, Malaysia kembali menang telak dengan skor 5-1 dalam laga yang berlangsung di tempat yang sama.

Kemenangan dengan agregat 12-2 itu mengantarkan timnas Malaysia lolos ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain itu, Malaysia melesat sembilan tingkat dari ranking 168 ke 159.

Babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 juga akan diikuti oleh Timnas Indonesia. Undian fase ini akan berlangsung di Doha, Qatar, 17 Juli mendatang.

Timnas Indonesia akan melakoni uji coba internasional lainnya melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6). (jal/bac)