Brasil dan Bolivia Imbang Tanpa Gol di Babak Pertama

CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 08:25 WIB
Brasil dan Bolivia Imbang Tanpa Gol di Babak Pertama Thiago Silva gagal mencetak gol pada babak pertama laga pembuka Copa America 2019. (REUTERS/Amanda Perobelli)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Brasil tampil mendominasi, namun gagal mencetak gol saat menghadapi Bolivia dalam babak pertama laga pembuka Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Sabtu (15/6) pagi WIB.

Tidak butuh waktu lama bagi Brasil untuk menunjukkan keunggulan level permainan atas Bolivia. Sejak menit pertama, Daniel Alves dan kawan-kawan sudah menampilkan penguasaan bola dan mengurung pertahanan lawan.
Kombinasi Richarlison, Roberto Firmino, dan David Neres, yang menjadi trio lini serang Brasil dalam formasi 4-3-3, benar-benar membuat lini pertahanan Bolivia harus ekstra waspada. Belum lagi ditambah kehadiran Philippe Coutinho dari lini kedua.

Kemelut di kotak penalti Bolivia sudah terjadi pada menit kelima yang diawali dari tendangan bebas Coutinho.

Brasil dan Bolivia Imbang Tanpa Gol di Babak PertamaRicharlison menghidupkan lini serang timnas Brasil namun gagal mencetak gol di babak pertama laga pembuka Copa America 2019. (REUTERS/Amanda Perobelli)
Pada menit ke-11 Thiago Silva yang berposisi sebagai bek tengah juga turut mengancam gawang Bolivia yang dikawal Carlos Lampe melalui sundulan menyambut sepak pojok.


Berulang kali menyerang melalui berbagai sisi dan menembus kotak penalti Bolivia, muncul masalah penyelesaian akhir dari Tim Samba. Anak asuh Tite kesulitan menuntaskan beragam kans, seperti yang terjadi pada menit ke-30 ketika umpan Richarlison ke muka gawang diblok Adrian Jusino.

Brasil dan Bolivia Imbang Tanpa Gol di Babak Pertama
Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Brasil memaksa pemain-pemain Bolivia lebih sibuk bertahan dan menghalau peluang-peluang lawan.

Hingga menit-menit akhir babak pertama, statistik penguasaan bola Brasil di atas 60 persen. Tetapi tidak ada gol yang tercipta hingga wasit Nestor Pitana meniup peluit akhir babak pertama.

Susunan pemain inti timnas Brasil:
Alisson; Daniel Alves, Thiago Silva, Marquinhos, Filipe Luis; Fernandinho, Casemiro, Philippe Coutinho; Richarlison, Roberto Firmino, David Neres.

Susunan pemain inti timnas Bolivia:
Carlos Lampe; Diego Bejarano, Luis Haquiun, Adrian Jusino, Marvin Bejarano; Alejandro Chumachero, Leonel Justiniano, Fernando Saucedo, Erwin Saavedera; Raul Castro, Marcelo Martins. (nva)




BACA JUGA