Hasil Copa America 2019: Brasil Kalahkan Bolivia 3-0

CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 09:23 WIB
Hasil Copa America 2019: Brasil Kalahkan Bolivia 3-0 Pemain-pemain Brasil merayakan gol ke gawang Bolivia. (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Brasil mengalahkan timnas Bolivia 3-0 dalam laga pembuka Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sabtu (15/6) pagi waktu Indonesia barat.

Tim Samba mengawali laga dengan dominasi penguasaan bola. Daniel Alves dan kawan-kawan membuat Bolivia sibuk di daerah pertahanan ketimbang membangun serangan.

Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan Thiago Silva mencatatkan peluang emas yang masih belum dapat mengubah angka di papan skor.


Anak asuh Tite benar-benar menampilkan sepak bola menyerang dengan umpan-umpan pendek yang menyulitkan lawan. Apik dalam membangun serangan dan koordinasi ketika berada di lini tengah hingga sepertiga akhir lapangan, Brasil memiliki masalah penyelesaian akhir.

Serangan-serangan Brasil dari sisi kanan dan kiri, serta koridor tengah lapangan berulang kali masuk ke kotak penalti Bolivia. Namun finishing touch para pemain Brasil masih belum menghasilkan gol.

Philippe Coutinho dihampiri Richarlison setelah mencetak gol kedua ke gawang Bolivia (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Selain itu pemain-pemain bertahan Bolivia juga terlihat cukup disiplin dalam menggalang pertahanan sehingga laga babak pertama pembuka Copa America 2019 berakhir tanpa gol.

Brasil langsung tampil ofensif pada menit awal babak kedua. Penetrasi dengan bola yang dilakukan para pemain Canarinho menyiratkan ambisi tim yang tidak puas dengan kegagalan mencetak gol di babak pertama.

Pada menit ke-47, wasit Nestor Pitana menunjuk titik putih setelah melihat video rekaman. Wasit asal Argentina itu menilai Adrian Jusino handsball.

Philippe Coutinho yang menjadi eksekutor penalti pun terdaftar sebagai pemain pertama yang mencetak gol dalam ajang Copa America 2019.

Pada menit ke-53 Coutinho mencetak gol kedua. Kali ini pemain Barcelona itu menyundul umpan yang dilepas Roberto Firmino.

Setelah tertinggal dua gol, Bolivia tampak mulai berani membangun serangan. Namun upaya yang dilakukan tim tamu tersebut patah ketika bola mulai masuk ke daerah pertahanan Brasil.

Sementara tuan rumah yang mulai tenang setelah mencetak dua gol juga tidak kehilangan hasrat mencetak gol tambahan. Tite kemudian memasukkan Gabriel Jesus untuk menggantikan Roberto Firmino pada menit ke-67.

Menit ke-78 Marquinhos memiliki peluang emas. Maju membantu serangan dalam situasi sepak pojok, sundulan bek milik Paris Saint-Germain itu masih mengarah ke kiper Carlos Lampe.

Pada menit ke-85 Everton menambah gol bagi Brasil. Belum dua menit masuk menggantikan David Neres, Everton melakukan pergerakan individu dari sisi kiri. Membawa bola ke koridor tengah, Everton kemudian melepaskan tembakan yang membuat bola bersarang di sisi kiri gawang Bolivia.

Skor kemenangan 3-0 Brasil atas Bolivia menjadi hasil akhir laga pembuka Copa America 2019.

Susunan pemain inti timnas Brasil:
Alisson; Daniel Alves, Thiago Silva, Marquinhos, Filipe Luis; Fernandinho, Casemiro, Philippe Coutinho; Richarlison, Roberto Firmino, David Neres.

Susunan pemain inti timnas Bolivia:
Carlos Lampe; Diego Bejarano, Luis Haquiun, Adrian Jusino, Marvin Bejarano; Alejandro Chumachero, Leonel Justiniano, Fernando Saucedo, Erwin Saavedera; Raul Castro, Marcelo Martins. (nva)




BACA JUGA