Argentina vs Kolombia, Falcao Rindu Menang

CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 21:17 WIB
Argentina vs Kolombia, Falcao Rindu Menang Radamel Falcao masih dipanggil ke timnas Kolombia pada usia 33 tahun. (Marcos Brindicci)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan penyerang Manchester United dan Chelsea, Radamel Falcao berharap Kolombia bisa mengalahkan Argentina pada pertemuan di fase Grup B Copa America 2019 yang digelar di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (16/6) pukul 05.00 WIB.

Kolombia memiliki catatan buruk saat menghadapi Argentina, usai gagal mengalahkan La Albiceleste dalam 12 tahun terakhir. Kolombia meraih kemenangan terakhir atas Argentina pada ajang kualifikasi Piala Dunia pada 2007.

Setelah itu Argentina selalu meraih kemenangan meyakinkan atas sesama negara bagian Amerika Selatan itu. Kedua tim terakhir kali bertemu di pertandingan persahabatan di Stadion MetLife, New Jersey pada 12 September 2018 yang berakhir imbang tanpa gol.


Timnas Argentina unggul dalam rekor pertemuan atas timnas Kolombia. (REUTERS/Enrique Marcarian)
Meski diiringi tren buruk Falcao yakin timnya memiliki peluang untuk mencetak sejarah dengan memenangkan laga melawan Argentina kali ini.

"Kami sudah lama tidak mengalahkan Argentina, tapi kami harus terus berjuang dan memberikan segalanya untuk mencapai tujuan. Saya pikir kami jauh lebih dekat [untuk menang kali ini]. Tim memilih untuk menunjukkan mentalitas percaya dan berjuang," kata Falcao diktutip Sportsmole.

Jelang pertemuan di Copa America 2019, kedua negara telah mengalami perombakan tim yang cukup signifikan sejak Piala Dunia 2018 lalu. Pertemuan di Salvador nanti juga sekaligus menandai debut matan pelatih Manchester United, Carlos Queiroz bersama Kolombia.

Buat Argentina, Laga perdana di Grup B Copa America menjadi pertadingan kompetitif pertama usai disingkirkan Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kegagalan itu juga yang menyebabkan kepergian pelatih Jorge Sampaoli, yang digantikan Lionel Scaloni, serta pemain senior seperti Javier Mascherano dan Gonzalo Higuain dari tim.

Tanpa Mascherano atau Higuain, timnas Argentina masih diperkuat pemain-pemain kawakan seperti Sergio Aguero dan Angel Di Maria untuk menemani pasukan muda untuk berjuang di Copa America 2019. (nva/sry)