Prediksi MotoGP Catalunya 2019

CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 07:33 WIB
Prediksi MotoGP Catalunya 2019 Balapan seru akan tersaji di MotoGP Catalunya 2019. (Juan MABROMATA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Balapan seru bakal terjadi di MotoGP Catalunya. Berikut prediksi MotoGP Catalunya yang akan berlangsung di Sirkuit Barcelona, Catalonia, Minggu (16/6) malam WIB.

Pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, bakal memulai lomba dari posisi terdepan setelah jadi yang tercepat di babak kualifikasi. Pebalap berusia 20 itu tampil meyakinkan sejak sesi tes bebas.

Namun demikian, Quartararo akan menghadapi ujian besar untuk meraih kemenangan pertamanya di ajang MotoGP. Hal ini dikarenakan pebalap Honda Marc Marquez tepat berada di belakangnya.


Sementara posisi start ketiga akan ditempati Franco Morbidelli karena Maverick Vinales terkena penalti dan turun tiga posisi saat awal balapan.

Balapan MotoGP Catalunya yang akan dimulai Minggu (16/6) pukul 19.00 WIB bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com.

Berikut prediksi MotoGP Catalunya yang dikumpulkan dari redaksi olahraga CNNIndonesia.com

Saatnya Rossi Menang (Haryanto Tri Wibowo)

Meski hanya akan start dari posisi kelima pada balapan MotoGP Catalunya, Valentino Rossi berpeluang besar untuk meraih kemenangan pertama di MotoGP yang kali terakhir terjadi pada musim 2017. Perlu dicatat pula Rossi adalah pebalap tersukses di Sirkuit Catalunya di semua kelas.

Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli, tiga pebalap Yamaha, memang akan start di depan Rossi. Tapi ketiga pebalap itu tidak punya konsistensi penampilan saat balapan. Sementara Marc Marquez tidak akan kompetitif menyusul menurunnya penampilan Honda di Catalunya akhir pekan ini.

Prediksi MotoGP Catalunya 2019Aksi Valentino Rossi sangat dinantikan di MotoGP Catalunya. (Claudio Giovannini/ANSA via AP)
Saya prediksi Rossi akan menang MotoGP Catalunya 2019, disusul Andrea Dovizioso dan Vinales di dua podium terakhir.

Marquez di Jalur Juara Dunia (Nova Arifianto)

Prediksi MotoGP Catalunya 2019 tidak bisa tidak melibatkan Marc Marquez yang sudah menunjukkan dominasi di awal musim bersama dengan motor Honda RC213V.

Mengawali balapan dari posisi start kedua tidak akan menyulitkan Marc Marquez untuk memimpin lomba sejak awal dan muncul sebagai pebalap yang finis pertama di MotoGP Catalunya 2019.

Andrea Dovizioso yang start dari baris kedua kemungkinan akan menjadi pesaing Marquez. Sementara Fabio Quartararo atau Franco Morbidelli akan menjadi pelengkap podium.

Marquez Belum Terbendung (Ahmad Bachrain)

Marc Marquez harus puas di posisi start kedua, kalah dari Fabio Quartararo yang meraih pole position. Namun, Marquez tampaknya belum akan terbendung pada MotoGP Catalunya.

Marquez bakal belajar dari kesalahannya saat kualifikasi. Sebaliknya, Quartararo bakal kehilangan 'stamina' di akhir-akhir lap balapan.

Andrea Dovizioso yang hanya start di posisi keenam juga masih berpeluang merebut podium. Begitu juga dengan Valentino Rossi yang start di peringkat kelima masih bisa meraih podium. Saya prediksi Marquez finis terdepan, Dovizioso kedua dan Rossi ketiga.

Prediksi MotoGP Catalunya 2019Fabio Quartararo punya potensi membuat kejutan setelah performa bagus sejak sesi tes bebas. (JORGE GUERRERO / AFP)
Quartararo Menangi MotoGP Catalunya (Surya Sumirat)

Fabio Quartararo tampil impresif selama latihan bebas ketiga (FP3) hingga kualifikasi MotoGP Catalunya. Pebalap asal Perancis itu tidak pernah keluar dari posisi kedua klasemen.

Saya memprediksi performa apik Quartararo bakal berlanjut di balapan nanti. Quartararo juga punya peluang besar memenangi balapan MotoGP Catalunya.
Prediksi MotoGP Catalunya 2019
Sementara itu, melihat banyaknya insiden yang terjadi di tikungan kelima MotoGP Catalunya, tampaknya hal serupa juga bisa kembali terulang di seri kali ini.

Dovizioso Menang di Barcelona (Putra Permata Tegar Idaman)

Andrea Dovizioso yang butuh kemenangan bakal berusaha keras mendapatkannya di MotoGP Catalunya.
Meski start dari posisi kelima, Dovizioso punya potensi untuk menyaingi Marc Marquez dan deretan pebalap Yamaha di seri kali ini. Marquez dan Rossi jelas bakal jadi lawan berat bagi Dovizioso untuk mewujudkan ambisi tersebut.

Menarik untuk melihat strategi Dovizioso lantaran pemilihan ban dan pengaturan kondisi ban bakal memegang peranan penting di seri ini.
(jal/jal)