Hasil Copa America 2019: Argentina Takluk 0-2 dari Kolombia

CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 06:59 WIB
Hasil Copa America 2019: Argentina Takluk 0-2 dari Kolombia Lionel Messi tidak mampu membawa Argentina mengalahkan Kolombia. (REUTERS/Luisa Gonzalez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Argentina menelan kekalahan 0-2 dari timnas Kolombia pada laga perdana Grup B Copa America 2019 di Arena Porte Nova, Salvador, Brasil, Minggu (16/6) pagi WIB.

Di babak pertama, Argentina dan Kolombia tampak bermain sangat hati-hati. Kondisi ini membuat tidak banyak peluang yang bisa diciptakan kedua tim sejak wasit meniup peluit tanda babak pertama dimulai.

Sepanjang babak pertama, benturan antarpemain kedua tim yang justru lebih banyak mewarnai pertandingan.


Di babak kedua, Argentina bermain lebih menekan dengan terus mengurung pertahanan Kolombia yang tetap lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik. Peluang pun didapat lewat tembakan Leandro Paredes yang masih bisa diantisipasi David Ospina.

Hasil Copa America 2019: Argentina Takluk 0-2 dari KolombiaArgentina mengawali kiprah di Copa America 2019 dengan kekalahan dari Kolombia. (REUTERS/Rodolfo Buhrer)
Pada menit ke-58, Paredes kembali melepaskan tembakan spekulasi. Hanya saja tembakan jarak jauhnya diblok dengan sempurna oleh Ospina.

Tekanan terus diberikan Argentina setelah dua peluang yang mereka ciptakan meski tidak mudah menembus ke kotak penalti Kolombia yang bermain agak defensif. Upaya individu Messi juga kerap dihentikan pemain Kolombia.

Di pertengahan babak kedua, Argentina punya peluang terbaik untuk unggul di laga ini. Namun, sundulan Lionel Messi memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Nicolas Otamendi masih melebar di sisi kiri gawang Ospina.

Hasil Copa America 2019: Argentina Takluk 0-2 dari Kolombia
Terus menekan gawang Argentina malah kebobolan pada menit ke-70. Kolombia berhasil unggul 1-0 usai aksi individu pemain pengganti Roger Martinez diakhiri dengan tendangan melengkung ke pojok gawang yang memperdayai Franco Armani.

Pemain pengganti, Duvan Zapata, kemudian menggandakan keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-86 sekaligus membuat Argentina berada dalam kesulitan. Duvan Zapata membobol gawang Armani usai menerima umpan Jefferson Lerma.

Hasil ini membuat Argentina berada di posisi juru kunci klasemen sementara grup B tanpa poin. Sementara Kolombia berhak memuncaki klasemen sementara dengan koleksi tiga poin.

Susunan Pemain


Argentina (4-3-3)

Franco Armani; Renzo Saravia, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Leandro Paredes, Guido Rodriguez, Giovani Lo Celso; Lionel Messi, Sergio Aguero, Angel Di Maria

Kolombia (4-2-3-1)

David Ospina; John Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Wilmar Barrios, Mateus Uribe; Juan Cuadrado, James Rodriguez, Luis Muriel; Radamel Falcao. (jal/jal)