Empat Fakta Setelah Argentina Tumbang dari Kolombia

CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 09:57 WIB
Empat Fakta Setelah Argentina Tumbang dari Kolombia Argentina takluk dari Kolombia di laga perdana Grup B Copa America 2019. (REUTERS/Edgard Garrido)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Argentina di luar dugaan tumbang 0-2 dari timnas Kolombia pada laga perdana Grup B Copa America 2019 di Arena Porte Nova, Salvador, Brasil, Minggu (16/6) pagi WIB.

Argentina yang menguasai permainan harus mengakui keunggulan Kolombia yang bermain mengandalkan serangan balik. Albiceleste takluk gara-gara gol dari Roger Martinez pada menit ke-70 dan Duvan Zapata (86').

Kekalahan ini membuat Argentina menempati posisi juru kunci klasemen sementara tanpa satupun poin. Sebaliknya Kolombia menempati puncak klasemen sementara berkat kemenangan ini.


Selain Argentina dan Kolombia, grup B ditempati Paraguay dan tim undangan yang berasal dari Asia, Qatar.

Empat Fakta Setelah Argentina Tumbang dari KolombiaArgentina menempati juru kunci klasemen sementara usai takluk dari Kolombia. (REUTERS/Rodolfo Buhrer)
Berikut fakta menarik usai pertandingan Argentina vs Kolombia di match day pertama Grup B dilansir Opta:

1. Argentina total melakukan 11 usaha mencetak gol dan enam di antaranya mengarah ke gawang. Namun di babak pertama Argentina hanya melakukan satu upaya mencetak gol dan hanya satu kali menyentuh bola di kotak penalti lawan.

2. Roger Martinez jadi pemain pertama yang mencetak gol ke gawang Argentina sejak Dorlan Pabon melakukannya November tahun 2011.

Empat Fakta Setelah Argentina Tumbang dari Kolombia
3. Kemenangan 2-0 atas Argentina ini merupakan yang ketiga buat Kolombia di ajang Copa America dari 14 pertemuan (sisanya empat imbang dan tujuh kalah). Dua kemenangan sebelumnya berakhir dengan skor 2-1 (1987) dan 3-0 (1999).

4. Kekalahan dari Kolombia di laga pembuka merupakan yang ketiga bagi Argentina di ajang Copa America. Dua kekalahan sebelumnya diderita dari Uruguay 2-3 pada 1919 dan Bolivia 1-2 pada 1979. (jal/jal)