Kronologi Lorenzo Singkirkan Dovizioso, Vinales, dan Rossi

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 05:45 WIB
Kronologi Lorenzo Singkirkan Dovizioso, Vinales, dan Rossi Jorge Lorenzo menyeret banyak pebalap untuk ikut jatuh saat ia tergelincir di lap kedua. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jorge Lorenzo mengalami kecelakaan dan hal itu ternyata berdampak langsung pada Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi yang akhirnya juga gagal melanjutkan lomba di MotoGP Catalunya.

Awal balapan MotoGP Catalunya berlangsung menarik lantaran manuver sejumlah pebalap. Dovizioso yang start dari posisi kelima berhasil melesat ke posisi terdepan begitu balapan dimulai.

Maverick Vinales dan Marc Marquez membuntuti Dovizioso, sedangkan Valentino Rossi, Danilo Petrucci, dan Jorge Lorenzo juga tak jauh dari mereka.


Saat balapan memasuki lap kedua, Dovizioso masih memimpin balapan, disusul Marquez, Vinales, Lorenzo, Petrucci, dan Rossi.

Petaka kemudian terjadi di tikungan kesepuluh. Di tikungan tersebut, Marquez sukses menyusul Dovizioso dari sisi dalam. Lorenzo yang ada di posisi keempat juga berusaha melakukan tekanan dengan coba mendahului Maverick Vinales yang ada di sisi luar tikungan.

Andrea Dovizioso kini tertinggal 37 angka dari Marc Marquez.Andrea Dovizioso kini tertinggal 37 angka dari Marc Marquez. (Foto: LLUIS GENE / AFP)
Namun Lorenzo kemudian kehilangan kontrol pada ban depan motor miliknya. Lorenzo lalu jatuh dan motor milik Lorenzo ternyata menyentuh motor Dovizioso.

Dovizioso kemudian langsung terjatuh dari motor miliknya. Saat motor milik Lorenzo dan Dovizioso meluncur keluar lintasan, hal tersebut menghalangi jalur motor Vinales. Pebalap asal Yamaha itu tak bisa menghindari tabrakan. Vinales lalu terlempar dari motornya.

Tak sampai di situ, Rossi yang baru saja berhasil menyusul Petrucci mendapat kejutan besar karena dihadapkan pada kecelakaan beruntun di depannya.

Rossi coba menghindari kecelakaan dengan mengarahkan motor ke sisi luar. Namun lajunya terhambat oleh motor Lorenzo. Motor Lorenzo dan motor Rossi bahkan sempat menempel beberapa detik. Rossi coba bertahan di atas motor namun akhirnya terjungkal.

Valentino Rossi tidak bisa menghindari kecelakaan yang ada di depan mata.Valentino Rossi tidak bisa menghindari kecelakaan yang ada di depan mata.  (REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Dalam insiden di tikungan sepuluh tersebut, ada tiga manuver menyalip, yaitu Marquez menyusul Dovizioso, Lorenzo menyalip Vinales, dan Rossi mendahului Petrucci.

Marquez selamat karena sudah keluar dari tikungan dan berada dalam jarak yang cukup aman dari benturan antar motor di tikungan tersebut.

Petrucci juga selamat karena setelah ia disusul oleh Rossi, ia mengambil sisi dalam dan terhindar dari alur motor Lorenzo, Dovizioso, dan Vinales yang tergelincir ke sisi luar.
Kronologi Lorenzo Singkirkan Dovizioso, Vinales, dan Rossi

Setelah insiden tersebut, Marquez tak terkejar lagi di sisa balapan. 'Baby Alien' bisa dengan nyaman menjalani balapan. Persaingan sengit hanya terjadi untuk perburuan posisi kedua.

Petrucci, Alex Rins, dan Fabio Quartararo terlibat dalam sejumlah duel untuk memperebutkan posisi kedua. Quartararo akhirnya berhak atas posisi kedua disusul Petrucci di posisi ketiga. (ptr/ptr)