Tak Tahu Rossi dan Vinales Jatuh, Marquez Terus Tancap Gas

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 08:52 WIB
Tak Tahu Rossi dan Vinales Jatuh, Marquez Terus Tancap Gas Marc Marquez tak tahu bahwa Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga terjatuh di lap kedua. (Claudio Giovannini/ANSA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marc Marquez mengaku tidak mengetahui bahwa duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga ikut terjatuh dalam kecelakaan massal yang bermula dari kesalahan Jorge Lorenzo.

Saat balapan MotoGP Catalunya memasuki lap kedua, Lorenzo gagal mengontrol ban depan motor miliknya. Alhasil, ia tergelincir dan kemudian menyebabkan Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi juga ikut terjatuh.
Marquez selamat dari insiden tersebut dan akhirnya berhasil menjadi pebalap pertama yang melintasi garis finis. Tambahan 25 poin dari seri MotoGP Catalunya membuat Marquez kini memiliki selisih 37 poin dari Dovizioso pada klasemen MotoGP.

Pebalap berjuluk 'Baby Alien' ini mengaku dirinya tidak tahu bahwa duo Yamaha, Vinales dan Rossi juga ikut terjatuh dalam insiden tersebut.

Tak Tahu Rossi dan Vinales Jatuh, Marquez Terus Tancap GasMarc Marquez berada di podium teratas MotoGP Catalunya 2019. (REUTERS/Albert Gea)
"Saat balapan saya merasa aneh karena saya tahu bahwa Dovizioso sudah tidak melanjutkan balapan, namun saya tidak tahu bahwa pebalap lain [Vinales dan Rossi] juga sudah tersingkir."


"Kemudian saya melihat posisi kedua ditempati Petrucci padahal di saat latihan bebas, Petrucci tidak termasuk pebalap yang tercepat," ucap Marquez seperti dikutip dari Crash.

Meski merasa aneh, Marquez tak mau mengambil kesimpulan sepihak. Ia memilih untuk tetap tancap gas dan mempertahankan ritme kecepatan.

Tak Tahu Rossi dan Vinales Jatuh, Marquez Terus Tancap Gas
"Saya terus memacu motor meskipun jarak yang ada sudah besar. Saya terus memacu motor karena saya tahu Quartarao dan pebalap Yamaha lain sangat cepat di bagian akhir lomba."

"Saya coba mengatur kondisi ban hingga lap terakhir. Sungguh 25 poin yang bagus, hasil yang baik untuk kejuaraan MotoGP 2019 dan tentu hasil yang bagus bagi keluarga kami [Alex Marquez juga menang di kelas Moto2]," ujar Marquez.

Dengan hasil di MotoGP Catalunya, maka Marquez kini makin difavoritkan untuk bisa meraih gelar juara dunia di MotoGP 2019. Selisih 37 poin yang ada tidak akan bisa dengan mudah disusul oleh Dovizioso. Terlebih, Marquez selalu finis di posisi dua besar, kecuali saat ia terjatuh di MotoGP Amerika Serikat saat ia tengah memimpin balapan.

Seri MotoGP 2019 berikutnya adalah MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, 30 Juni mendatang. (ptr/ptr)